Thursday, November 30, 2017

Salam - 11 Langkah Sistematis untuk Membangun Blog Sukses

Di artikel kali ini akan saya jelaskan perihal detail apa saja yang harus ditempuh untuk bisa sukses dalam dunia blogging. Bagaimana sebuah blog bisa menjadi sukses dan tumbuh berubah menjadi sesuatu asset bernilai bagi sang webmaster. Mari kita bahas.

Blog bisa menjadi sebuah alat atau media yang sangat menguntungkan kalau dipakai dan dioptimalkan dengan benar. Membuat dan menyebabkan sebuah blog menjadi profitable pada hakikatnya ialah perihal bagaimana menarik visitor dan terjadi konversi yang menghasilkan profit, baik itu dari pemasangan iklan PPC, iklan Mandiri maupun penjualan produk affiliate. Di artikel kali ini akan dijelaskan 11 langkah sistematis yang paling penting dan mutlak harus ditempuh kalau ingin menciptakan sebuah blog sukses.
Di artikel kali ini akan saya jelaskan perihal detail apa saja yang harus ditempuh untuk b Salam -  11 Langkah Sistematis untuk Membangun Blog Sukses


1. Pilih Platform blogging
Jika Anda seorang pemula yang gres terjun di dunia blogging, Anda bisa mulai menciptakan blog gratisan terlebih dahulu, ibarat blogger.com, tumblr.com, blogdetik, dll. Yang dimaksud blog gratisan di sini ialah blog tersebut sudah disediakan hostingnya tanpa harus kita membeli atau menyewa hosting sendiri. Misal blogger.com sudah dihosting oleh Google. Kendati labelnya gratisan tapi jangan khawatir, blog gratisan tetap mempunyai potensi sukses yang sama dengan blog berbayar, tergantung bagaimana si pemilik blog mengoptimalkan blognya. Dengan blog gratisan ini, Anda juga bisa dengan instan menciptakan sebuah blog hari ini dan online hari ini juga tanpa harus punya keahlian programming ataupun coding.

Hal ini akan memperlihatkan Anda keleluasaan untuk fokus dalam pembuatan konten tanpa harus pusing memikirkan maintenance server hosting. Dan hal yang paling menarik dengan menciptakan blog gratisan ibarat di blogger.com ialah bilamana blog Anda tersebut telah kaya akan konten yang pastinya juga akan diikuti dengan membludaknya visitor, maka itu artinya Anda akan mendapat profit / laba tanpa harus mengeluarkan banyak uang, ketimbang Anda menyewa hosting sendiri ibarat wordpress selfhosted.

Adapun ketika trafik blog Anda bertumbuh, maka Anda bisa dengan gampang untuk mengupgrade ke domain TLD dan hosting pribadi. Sudah banyak blogger sukses Indonesia dengan alur ibarat ini. Seperti juragan cipir, blog ini awalnya memakai platform Blogger.com dengan domain blog juragancipir.blogspot.com, kemudian berganti ke TLD menjadi juragancipir.com (blogspot custom domain) sampai kini telah bermigrasi memakai platform Wordpress Selfhosted yang lebih professional, dengan hosting yang disewa sendiri tentunya, tidak lagi menumpang hosting di Google.

2. Tentukan Niche
Niche bisa disebut sebagai topik pembahasan dari sebuah blog. Di awal, Anda harus sudah menentukan topik / niche apa yang ingin diangkat dan dikembangkan. Anda bisa pilih niche sesuai dengan interest atau ketertarikan Anda. Pilihlah niche yang mana Anda akan antusias untuk menuliskan artikel dari niche tersebut setiap hari. Anda bisa memakai layanan riset kata kunci ibarat Google Keyword Palnner untuk menentukan niche yang terkenal dan banyak pencariannya di mesin pencari.

Sebuah blog perihal Kucing bisa menjadi niche blog yang berisi pembahasan perihal species kucing, family kucing, jenis-jenis kucing piaraan dan segala hal perihal kucing yang mana tentunya akan mempunyai sasaran yang luas. Karena kita tahu niscaya banyak di luaran sana yang menyukai kucing.

Begitupun kalau Anda suka otak-atik Android, maka Anda bisa berdiri blog dengan tema Android. DLL

3. Update artikel secara terpola / setiap hari.
Dengan mengupdate artikel secara harian / setiap hari, bukan saja menyebabkan blog Anda menjadi menarik di mata visitor, tapi juga akan memperlihatkan blog Anda konten-konten segar setiap harinya yang akan berdampak baik terhadap imbas SEO (Search Engine Optimization). Search Engine semacam Google sangat menyukai blog yang selalu update.

Untuk menjaga trafik blog dan menangkap interest visitor Anda, maka Anda harus mengupdate blog Anda dengan satu atau lebih artikel setiap harinya.

Adapun di luaran sana juga banyak blog yang tidak melaksanakan update setiap hari tapi bisa sukses dan menjadi besar. Itu sebab mereka telah mempunyai trafik pengunjung yang stabil setiap harinya didukung dengan konten yang berkualitas tinggi. Sehingga hanya perlu diupdate seminggu 2 kali atau seminggu sekali, atau bahkan mungkin sebulan sekali.

Namun bagi Anda yang baru, maka untuk mempunyai trafik pengunjung yang stabil, Anda harus terus mencoba untuk mengupdate blog Anda setiap hari, dengan setidaknya 1 sampai 3 artikel. Cara terbaik untuk melakukannya ialah dengan menyisihkan waktu sekitar 2-3 jam dan menjadwalkan untuk Anda mengurus blog Anda dan menambahkan artikel fresh ke dalamnya. Dengan dedkasi ibarat ini bisa sangat berdampak baik bagi blog Anda maupun bagi Anda sendiri. Jadwalkan jam terbaik Anda untuk mengurus blog setiap hari.

Jika meninggalkan blog Anda selama beberapa hari / minggu, maka itu artinya Anda akan kehilangan kesemptan mendapat visitor lebih cepat, terlebih kalau blog Anda masih baru.

4. Promosikan Blog
Bukan diam-diam lagi tentunya. Anda harus punya trafik kunjungan untuk bisa mendapat laba dari blogging. Banyak sekali cara / metode untuk mendatangkan trafik ke blog Anda baik itu dengan cara gratisan, ibarat SEO dan Social Media Marketing maupun berbayar ibarat Padi Advertising. Anda bisa saja menentukan salah satu, tapi akan lebih baik kalau dilakukan keduanya sehingga blog Anda bisa lebih cepat dikenal.

Selain itu untuk mendatangkan trafik ke blog, Anda bisa mempromosikan blog Anda dengan cara menuliskan alamat blog Anda di setiap status facebook yang Anda tulis. Atau di footer email yang Anda kirimkan, bikin tshirt bertuliskan nama domain blog, dll. Tentunya dengan terlebih dahulu Anda mengisikan konten-konten yang berkualitas ke blog Anda dengan frekuensi update yang teratur tentunya.

5. Lacak perkembangan dan statistik trafik blog Anda.
Bagaimana Anda mengetahui blog Anda mempunyai trafik kunjugan? Hanya sebab tidak ada komentar yang masuk tidak berarti blog Anda tidak berkembang. Banyak visitor yang tidak meninggalkan komentar sehabis membaca postingan Anda, dan memang tidak wajib juga.

Untuk mengetahui apakah blog Anda mempunyai trafik pengunjug, maka Anda bisa memakai layanan analytics yang menyediakan data sumber trafik, jumlah unique visitor, jumlah returning visitor, jumlah visitor online, usang waktu rata-rata kunjungan, dll. Dan yang paling sering dipakai dan direkomendasikan, ialah Google Analytics atau Histats. Kedua layanan tersebut gratis namun sangat powerfull untuk mengetahui dan menganalisa trafik kunjungan ke blog.

6. Dengarkan pengunjung Anda
Ketika memakai layanan Analytics ibarat Google Analytics atau Histats, Anda bisa mulai melihat bagaimana para pengunjung menemukan blog Anda dan bila mereka mengunjungi blog Anda dari Search Engine, maka akan Anda ketahui keyword-keyword apa saja yang diketikkan oleh visitor di search engine sehingga menemukan blog Anda. Jika secara konsisten blog Anda ditemukan sebab 1 atau lebih keyword di search engine, maka fokuslah pada pembahasan seputar keyword-keyword tersebut. Misal artikel blog Anda perihal "cara merawat kucing" ada di hasil pencarian Google, maka di artikel lain Anda bisa menuliskan topik perihal "rekomendasi makanan kucing", dan lain-lain. Sehingga akan lebih powerfull dalam meningkatkan jumlah page views.

7. Bangun database pengunjung Anda
Anda bisa menyediakan form subscribe via email bagi pengunjung Anda. Dengan menyediakan form subscribe, maka Anda punya kesempatan untuk mempertahankan visitor Anda untuk kemudian bisa kembali mengunjungi blog Anda manakala ada postingan/update artikel baru. Sehingga visitor tidak hanya hit and run, tapi juga bisa jadi pengunjung loyal. Di blogger.com sendiri, Anda bisa memakai widget form subscribe via email yang terintegrasi dengan feedburner. Yang mana kalau ada postingan gres di blog, maka secara otomatis, feedburner akan mengirimkan email berisi summary postingan ke email subscriber.

8. Berinteraksi dengan visitor
Sekarang Anda sudah punya trafik ke blog. Anda bisa mulai berinteraksi dengan visitor Anda. Mulai menanggapi setiap jawaban konkret maupun negative yang masuk di kolom komentar. Suatu postingan yang berisi interaksi antara admin dan visitor juga sangat disukai oleh Search Engine.

Selain itu cobalah untuk memperlihatkan informasi exclusive yang tidak banyak orang punyai. Berikan effort terbaik Anda untuk menyajikan informasi menarik yang bisa sangat berkhasiat bagi visitor Anda. Pembaca Anda akan sangat menghargainya. Dan bisa saja sebagai efeknya, mereka akan mempromosikan blog Anda secara gratis melalui status social media atau pun promosi dari verbal ke mulut. Bayangkan kalau banyak pembaca Anda yang menceritakan informasi menarik yang ada di blog Anda kepada teman-teman atau keluarga mereka.

9. Monetisasi Blog
Saat blog Anda sudah punya trafik kunjungan, maka Anda bisa mulai berpikir perihal cara untuk memonetisasi / menguangkan blog Anda. Caranya tidak lain ialah mengkoversi / mengubah kunjugan menjadi profit. Anda bisa memakai media periklanan berbasisi PPC ibarat Google Adsense, Chitika, Infolink dan lain sebagainya. Model iklan PPC ini biasanya merupakan Contextual Advertising, artinya iklan yang tampil akan relevan dengan konten yang ada, sehingga akan sangat tertarget. Anda akan mendapat komisi sejumlah uang setiap kali ada yang mengklik iklan di blog Anda.

Selain pemasangan iklan PPC, masih banyak cara untuk menguangkan blog Anda. Anda bisa menggunakannya untuk bisnis affiliasi (mempromosikan produk orang lain), misal affiliasi Lazada atau Ratakan (produk digital).

Bisa juga dengan membuka jasa pemasangan slot iklan atau jasa review produk dengan biaya per bulan yang bisa Anda tentukan sendiri.

Intinya kalau trafik blog Anda memang sudah banyak, maka akan berbagai peluang untuk menghasilkan uang dari acara blogging Anda. Blog bisa menjadi asset passive income Anda.

10. Menjadi profesional
Anda ialah seorang professional sekarang. Jika Anda masih memakai blog dengan domain dan hosting gratisan, maka Anda bisa mulai mengupgradenya menjadi premium. Anda bisa mulai mengecek nama domain yang Anda inginkan, apakah masih tersedia atau tidak. Untuk hosting juga, akan lebih baik (walau tidak wajib) Anda mulai beralih ke hosting premium. Pilih platform blogging terbaik, ibarat Wordpress Selhosted (wordpress.org)

Dalam tahap sebagai professional blogger, Anda juga mungkin akan membutuhkan satu atau lebih blogger/penulis di blog Anda. Dan bahkan bukan Anda yang butuh, sebab orang-orang akan dengan sukarela berkontribusi dan menuliskan artikelnya di blog Anda. Karena tentu akan bermanfaat bagi blog penulis itu sendiri yang akan mendapat backlink dari blog Anda yang sudah punya reputasi baik. Andapun mendapat artikel segar dari penulis tersebut. Win win solution. Hal ini akan menciptakan blog lebih powerfull dan terlihat lebih professional. Dan yang terpenting ialah blog akan selalu update dan terisi konten fresh walau si empunya setiap harinya.

11. Gandakan Blog Anda
Dalam bidang bisnis apapun, kalau ingin mendapat hasil yang berlipat maka kita harus memainkan faktor kali (X Factor). Misal blog Anda bisa menghasilkan $100 saja per bulan, maka kalau ingin mendapat penghasilan $1000 per bulan, maka Anda tinggal membangun 10 blog dengan cara yang sama. Simple Math. Pastinya memang akan terasa berat di awal, tapi sehabis semuanya terbangun, kerja Anda akan semakin ringan dengan hasil yang semakin besar.

***

Nah itulah 11 langkah sistematis dalam membangun Blog sukses. Dengan mengikuti tahapan blogging di atas, maka akan menciptakan pengalaman blogging Anda menjadi kaya. Perlu digarisbawahi bahwa menghasilkan uang dari blogging bukanlah hal instan, perlu serangkaian proses yang mungin akans angat menguras effort Anda. Untuk menciptakan blog mungkin hanya memerlukan waktu sehari atau semalam, tapi membuatnya menjadi popular dan profitable, tentu memerlukan pengorbanan waktu dan dedikasi, persistensi dari si pemilik blog tersebut.

Sekian artikel sederhana ini. Terima kasih.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment