Friday, November 24, 2017

Salam - Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal cara menciptakan frame / bingkai untuk foto profil Facebook. Facebook memang sering sekali melaksanakan update dan penambahan fitur yang tujuannya tentu tidak lain demi memuaskan penggunanya. Tidak heran kalau hingga ketika ini facebook masih bertahan dan bertengger di peringkat teratas dalam jajaran platform Social Media yang ada.

Setelah sebelumnya Facebook diramaikan oleh update "Status Background", yang mana sanggup menciptakan status dengan background warna-warni, sekarang yang baru-baru ini saya tahu, Facebook telah menyediakan fitur di mana kita sebagai pengguna sanggup menciptakan frame atau bingkai foto, kemudian mengirimkannya ke Facebook untuk kemudian sanggup dipakai baik oleh pribadi maupun dipakai oleh orang lain (para pengguna facebook lainnya di seluruh dunia). Fasilitas ini berjulukan "Facebook Frame Studio". Saya juga kurang tahu sebenarnya semenjak kapan fitur ini ada di Facebook, tapi dari salah satu artikel bule yang saya baca, fitur ini sudah ada semenjak tahun 2016 akhir. Makara agak telat sebenarnya saya mengetahuinya. :)
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

Frame / Bingkai foto yang saya maksud di sini yakni frame yang berfungsi untuk menghias atau mempercantik tampilan foto profil facebook yang sanggup kita pilih dan gunakan secara otomatis melalui tombol "Add Frame" di tampilan foto profil.

Awal saya mengetahui fitur ini yakni pada ketika ramadhan kemarin, yang mana orang-orang beramai-ramai menggunakan frame/bingkai foto untuk menghiasi foto profilnya sehingga tampak menarik dan sesuai dengan moment yang ada. Semisal ketika Ramadhan kemarin banyak yang menggunakan frame dengan tema Ramadhan, puasa, dan nuasnsa islami lainnya. Awalnya saya pikir, frame-frame tersebut dibentuk secara resmi oleh Tim Facebook sendiri. Tapi ternyata tidak. Yang menciptakan frame-frame tersebut yakni masih pengguna Facebook. Terbukti di setiap foto profil seseorang yang telah menggunakan Frame, maka di bawahnya akan muncul nama si pembuat frame tersebut, dan Facebook sendiri menawarkan homogen Call to Action untuk mencoba frame tersebut dengan tombol Try It / Cobalah. Contoh menyerupai terlihat di gambar di bawah ini (Frame dengan nama Indonesia Raya).

Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
Dari situlah saya juga mencoba untuk mencari tahu bagaimana caranya menciptakan frame foto sendiri yang sanggup juga dipakai oleh para pengguna facebook lainnya. Dan sehabis mengetahui caranya dari artikel sentra tunjangan Facebook, mulailah saya iseng-iseng menciptakan frame sederhana di Photoshop untuk diupload / dikirim ke Facebook, minimal nantinya untuk saya pakai sendiri begitu maksudnya. Waktu itu saya menciptakan frame sederhana dengan tema klub sepak bola Persib. Tampilan frame nya yakni menyerupai terlihat di gambar di bawah ini.
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
Saya pun coba submit / kirim frame tersebut. Dan sehabis melalui proses sekitar 1 hari, muncullah notifikasi bahwa frame yang saya submit tersebut ternyata tidak disetujui /  ditolak. Kenapa? Barulah saya tahu di situ, bekerjsama untuk dilema Frame foto ini juga ada TOS (Term of Service) nya yang mesti dipatuhi, dan saya melanggar salah satu dari point TOS nya tersebut.

Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
Point yang saya berkelahi yakni frame nya mengandung logo atau watermark (tanda air) yang mana ternyata itu tidak diperbolehkan, mungkin yang dimaksud yakni logo Persib itu sendiri yang terlihat mencolok. Saya pun coba menciptakan frame gres dengan memperbaiki poin yang jadi pelanggaran. Saya akali logonya agar tidak terkesan mencolok (tampil sendiri). Dan sehabis beberapa jam, alhamdullillah kali ini diapprove. Berikut tampilannya sehabis diapprove. Terlihat statusnya Aktif dengan dot hijau mengambarkan frame nya sanggup digunakan. Dan hingga postingan ini dipublish, sudah ada 32 orang yang menggunakan.
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
Nah, daripada berpanjang lebar, mending pribadi saja masuk ke tutorialnya. Berikut saya sajikan tutorial simpel perihal cara menciptakan frame / bingkai untuk foto profile facebook hingga sanggup diapprove. Untuk menciptakan frame ini sebenarnya simpel alias sederhana. Anda cukup menciptakan sebuah Image bujur kandang (ukurannya sama sisi) dengan lisensi / format PNG Transparant. Software yang sanggup dipakai mungkin banyak, tapi saya menggunakan Photoshop. Untuk cara membuatnya, tidak akan saya tulis di sini alasannya yakni akan jadi panjang juga. Mungkin akan saya tulis di postingan berikutnya. Insya Allah.

Makara untuk tutorial ini hanya memuat langkah-langkah bagaimana melaksanakan submit / mengirim design frame beserta setting atau pengaturan di facebooknya.

1.  Di sini saya asumsikan teman sudah punya design frame / bingkai foto yang sudah dibuat. Pastikan format gambarnya PNG dengan latar transparant (jangan putih). Karena bab yang transparant tersebut nantinya akan diisi oleh foto orisinil dari foto profil itu sendiri. Untuk panduan ini, saya akan menggunakan frame yang sudah saya buat. Tampilannya menyerupai terlihat di bawah ini. Jika berminat, teman sanggup unduh File Template PSD (Photoshop) nya DI SINI. Silakan diedit sesuka hati, toh hanya template sederhana :)
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

2. Kunjungi link ini, maka teman akan diarahkan pada tampilan Facebook Camera Effects / Platform Efek Kamera menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini. Klik tombol Buat Bingkai yang terletak di bab kanan atas.
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

3.  Lanjutkan dengan klik tombol "Memulai". Maka akan muncul tampilan menyerupai di bawah ini. Nah di area inilah kita akan mengupload hasil desain frame kita.
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

4. Untuk mengupload klik tombol koas, bertuliskan Unggah Seni. Lalu silakan browse di komputer sobat,  gambar frame yang sudah teman save sebelumnya. Lalu Open.
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
5. Kemudian gambarnya akan muncul di tampilan berikutnya. Tampilannya belum pas dengan area frame. Silakan set / atur sedemikian rupa (geser-geser dan besar kecilkan) sehingga frame tersebut menjadi fit / pas dengan ruang yang tersedia.

Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
6. Jika sudah, klik tombol Selanjutnya. Maka akan muncul tampilan untuk mengisi kelengkapan data frame. 
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

  • Name : Isikan nama frame sesuai harapan sobat
  • Efek oleh: Klik tanda panahnya, kemudian pilih Profile atau Fanpage yang teman punya sebagai pemilik frame tersebut. 
  • Lokasi : Silakan tentukan lokasi frame tersebut sanggup digunakan. Kalau saya klik "lokasi di mana pun". Biar sanggup dipakai oleh semua orang.
  • Jadwal : Sobat sanggup menjadwalkan mulai dan selesai dari frame yang teman punya. Frame ini mungkin cocok buat event musiman, menyerupai Idhul Fitri kemarin atau hari-hari besar lain. Jika frame teman bersifat evergreen, pilih saja 'Aktifkan sehabis disetujui'. Maka frame terus aktif sehabis disetujui, kecuali kalau kita matikan.
  • Kata kunci : Ini yang paling penting, silakan masukkan kata kunci yang berkaitan dengan frame sobat. Sobat sanggup memasukkan hingga 10 kata kunci untuk memudahkan orang nantinya dalam mencari dan menemukan frame yang teman buat.
7.  Jika sudah, Klik tombol Selanjutnya. Maka akan muncul tampilan pop up menyerupai di bawah ini. Langsung saja, klik tombol "Kirim"

Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

8. Maka akan muncul pop up notifikasi yang menjelaskan bahwasanya, sehabis teman mengirim frame tersebut, maka tidak sanggup lagi untuk mengedit atau mengubah apapun dari frame tersebut. Langsung klik OK.
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

9. Selesai sudah. Selanjutnya frame / bingkai fot teman akan ditinjau dulu dalam waktu kurang lebih 1-3 hari. Jadi  harus menunggu facebook hingga menyetujui frame Anda. Saya kurang tahu juga apakah frame tersebut ditinjau oleh insan atau oleh robot. Tapi melihat TOS yang ditetapkan saya berasumsi bekerjsama proses tersebut dilakukan oleh insan asli, sehingga memerlukan waktu cukup lama

Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
Pengalaman saya kemarin, tidak hingga 3 hari. Paling usang 1 hari (24 jam) dan sanggup lebih cepat dari itu hingga menerima notifikasi frame nya disetujui atau tidak. Selain melalui notifikasi, Anda juga sanggup mengecek status frame yang telah Anda buat, apakah sudah approve atau belum atau ditolak. Yakni dengan mengunjungi halaman ini. Di sana Anda akan sanggup melihat frame yang sudah berhasil disubmit dengan statusnya masing-masing, apakah approved atau rejected atau masih ditinjau.
 Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
10. Jika sudah approved, maka Anda sanggup mengetes dan mencobanya sendiri. Jika via Smartphone teman sanggup melakukannya dengan mengklik tombol edit pada foto profil, kemudian klik tombol Add Frame. Atau sanggup juga dengan mengklik link ini (jika via desktop). Di sana teman sanggup mencari dan menerapkan bingkai yang telah dibentuk ke dalam foto profil teman sendiri.

Update: 22/07
Frame I'm Possible di atas sudah diapprove sehari sehabis disubmit. Dan hingga ketika update ini ditulis, sudah sekitar 39 pengguna yang menggunakan frame tersebut.
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook
Tapi entah kenapa, kebanyakan penggunanya tampaknya orang India semua..haha. Tak apa lah :D
Oke di postingan kali ini saya mau menyebarkan tutorial perihal  Salam -  Cara Praktis Membuat Bingkai Foto / Frame Foto Profil Facebook

***
Nah begitulah cara gampang dalam menciptakan dan mengupload frame / bingkai foto profil facebook Anda sendiri. Bagaimana, cukup mudah, bukan?

Satu hal lagi, ternyata ada benefit juga bagi kita selaku pembuat frame foto Facebook. Apakah itu? Secara tidak pribadi sanggup juga menambah follower facebook kita. Bagaimana bisa? Seperti saya jelaskan sebelumnya, di bawah frame yang telah dipilih akan muncul nama kreator / pencipta frame tersebut. yang itu artinya profil kita sendiri secara tidak pribadi telah diiklankan oleh facebook.

Sehingga semakin banyak yang menggunakan frame yang telah kita buat, dari situ potensi facebook kita semakin dikenal oleh orang banyak juga semakin tinggi. Tapi tentu itu hanya efek saja dan tujuan kita menciptakan frame bukan itu kan. Kalau saya sendiri tujuannya sekadar untuk mempercantik tampilan foto sekaligus sanggup membagikannya juga pada orang lain yang juga mungkin menyukai frame alakadarnya yang telah saya buat.

Baiklah, cukup sekian artikel sederhana perihal cara menciptakan bingkai foto/frame foto profil Facebook ini. Semoga bermanfaat. Selamat menciptakan frame Anda sendiri di Facebook. Salam.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment