Friday, November 24, 2017

Salam - Cara Praktis Membuat Link di Halaman yang Sama - Mengarahkan ke Bagian Tertentu

Beberapa waktu sebelum ini aku sempat menciptakan artikel dengan judul Pengalaman seru memakai Aplikasi Bebas Bayar. Tak disangka-tak dinyana, artikel yang aku tulis dengan agak impulsif tersebut ternyata kesudahannya cukup panjang juga. Terhitung lebih dari 3000 kata terkandung dalam artikel tersebut, alasannya yaitu memang aku sertakan beberapa sub judul yang pembahasannya juga cukup panjang. Setelah artikelnya jadi, lalu aku baca ulang, tapi rasanya kok capek dan jadi terkesan panjang gak jelas..hehe. Dari situ aku berpikir, ya mungkin artikelnya kepanjangan, dan jadi susah dipahami. Sehingga aku berencana untuk merombaknya untuk dipecah menjadi beberapa artikel. Namun entah kenapa rasanya kok sayang bila dipecah, alasannya yaitu harus ditulis ulang menyesuaikan dengan redaksi setiap sub judul episode nya.
 aku sempat menciptakan artikel dengan judul  Salam -  Cara Praktis Membuat Link di Halaman yang Sama - Mengarahkan ke Bagian Tertentu
Akhirnya aku tetapkan untuk tidak memecahnya, dibiarkan panjang ibarat itu. Tapi sebagai gantinya, aku bikin homogen sajian yang berfungsi sebagai navigasi artikel yang sanggup mempermudah pengunjung dalam membaca artikelnya. Makara sehabis membaca ke bawah dan ingin kembali ke atas menuju menu, maka tinggal mengklik satu buah tombol / link.

Prinsipnya ibarat mirip di web Wikipedia, yang mana artikelnya biasa panjang-panjang, maka disediakanlah sajian yang sanggup mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel. Atau aku juga teringat blognya Mas Sugeng yang juga menerapkan cara yang sama untuk artikel-artikel di blognya yang panjang, sampai ribuan kata.

Dan mulailah aku mencari tutorial perihal cara menciptakan link di halaman yang sama yang fungsinya sanggup mengarahkan dari satu episode ke episode tertentu dalam halaman tersebut. Ada beberapa cara yang aku temukan di beberapa postingan blog, namun cara yang paling gampang aku temukan di blog trikmudahseo nya mas Ricky Pratama. Sehingga aku pun mencoba menerapkannya dan Ahamdulillah berhasil.

Baik, dari pada berlama-lama berikut aku coba share ulang perihal apa yang sudah aku coba terapkan yakni perihal menciptakan link di halaman yang sama. Namun, sebelum mulai menerapkan tutorial ini, bagi sahabat yang memakai platform blogspot ibarat saya, maka tutorial ini gres sanggup sahabat terapkan sehabis artikelnya jadi dan siap dipublish. Tujuannya yaitu untuk menghindari error, alasannya yaitu kita akan mengerjakannya di Mode Postingan HTML, bukan Compose.

Makara di sini aku asumsikan artikel sahabat sudah jadi.

1. Masuk ke mode HTML di halaman edit posting sobat. Dan tentukanlah titik pendaratan, yakni episode yang mau dituju oleh link yang nanti dibuat. Cara membuatnya yaitu dengan mengetikkan aba-aba di bawah ini, dan tempatkan di Teks yang mau dijadikan titik pendaratan.
<a name="NAMA">TEKS</a>
* Ganti NAMA dengan apa saja, misal 'Awal'.
* Kemudian ganti juga TEKS dengan tulisan/kata yang ingin dijadikan titik pendaratan. Misal 'Beberapa waktu sebelum ini'. (menyesuaikan dengan postingan ini)

2. Setelah ditentukan titik pendaratan, barulah kini kita menciptakan link di halaman yang sama yang akan menuju pada titik pendaratan yang telah dibuat. Untuk membuatnya, gunakan aba-aba di bawah ini, tempatkan di episode mana saja semau sobat.

<a href="#NAMA">TEKS</a>
* Ganti episode NAMA dan harus sama dengan Nama yang telah diset di titik pendaratan, namun dengan penambahan tanda #. Tadi kita menciptakan Nama 'Awal', maka menjadi #AWAL.

* Ganti TEKS dengan goresan pena apa saja (anchor text) yang nantinya akan jadi link yang mengarah pada titik pendaratan. Misal kita buat 'Kembali ke AWAL'.

Jika sudah, silakan Save dan publish artikel sobat. Maka kini postingan sahabat sudah mempunyai tombol / link yang mengarah pada episode tertentu dalam satu halaman. Bagaimana, cukup gampang bukan?

Sebagai demo, sahabat sanggup mencoba mengklik goresan pena biru di bawah ini yang mana sudah aku arahkan ke episode atas / awal postingan ini.

Kembali ke AWAL

Baik, demikianlah tutorial sederhana ini. Semoga bermanfaat. 
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment