Thursday, November 23, 2017

Salam - Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]

Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan saya sangat anggun dan powerfull untuk melatih kemampuan menulis dan membiasakan diri untuk menulis setiap hari. Apa nama situsnya dan bagaimana bisa? Berikut akan saya coba jelaskan kenapa dan bagaimananya, tentunya bersumber dari pengalaman pribadi. Adapun situs yang saya maksud ialah 750Words.com.

Awal mula saya mengenal situs ini ialah dari hasil baca-baca perihal tips menulis di Internet. Saya lupa lagi di mana saya menemukannya hingga akibatnya diarahkan untuk mencoba  / merasakan situs ini kalau ingin melatih diri semoga bisa menulis setiap hari. "Wah, menarik juga nih sepertinya", pikir saya.

Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]

Dengan membaca sedikit penjelasannya, sayapun mulai membuka situs tersebut. Dan kesan pertama yang saya sanggup sehabis melihat tampilan situsnya, WOW sangat simpel alias sederhana, lezat dipandang, dan tentunya tidak banyak hiasan pernah-pernik yang bikin pedih di mata. Selain itu, ternyata situs ini cukup responsive, selain bisa dibuka via desktop, juga bisa via mobile Smartphone. Sehingga sahabat bisa dengan gampang merampungkan 750 kata tanpa harus menulis di Laptop atau komputer.

Adapun sosok di balik terlahirnya situs ini ialah sepasang suami istri yang berasal dari Berkeley, California yang punya passion dan impian untuk berkontribusi memajukan bidang kepenulisan, yakni berjulukan Buster dan Kellianne. Dalam mendirikan situs ini, mereka terinspirasi oleh konsep yang berjulukan "Morning Pages" yang dijelaskan dalam bukunya Julia Cameron, yang berjudul "The Artist's Day". Konsep tersebut secara sederhana mengajarkan kita untuk setidaknya menulis sebanyak 3 halaman setiap paginya. Apa yang ditulis? Bebas.. ya silakan tulis sebebas-bebasnya (free writing). Buster menyebut bahwa konsep Free Writing ini bisa berefek lebih baik daripada meditasi dalam pemulihan kesehatan. Wow..luar biasa, bukan?!

Sampai dikala ini sudah lebih dari 300 ribu orang yang sign up (mendaftar) di situs 750words.com ini.

Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]

Ketentuan Penggunaan

Tagline dari situs ini sendiri ialah berbunyi "750Words.com - Write Every day". Sudah terperinci bahwa tujuan dari dibentuknya situs ini ialah sebagai wadah untuk melatih diri semoga terbiasa menulis setiap hari. Adapun alasan kenapa harus menulis setiap hari, terlebih menulis di blog bisa sahabat baca di artikel yang berjudul 7 manfaat faktual menulis artikel setiap hari.

Dan sesuai nama domainnya, goresan pena yang dibuat setiap hari tersebut harus setidaknya memuat 750 kata di dalamnya. Kenapa harus 750 kata? Dari klarifikasi singkat di Home page nya, disebutkan bahwa alasannya, kurang lebih yaitu kerena 750 kata merupakan bilangan yang dirasa paling ideal untuk mengatahui telah seberapa padatkah goresan pena yang telah kita tuliskan. Dengan 750 kata rata-rata dirasa sudah bisa cukup mengcover secara detail setiap pembahasan yang akan dituangkan pada sebuah tema tulisan. Ini juga sesungguhnya bisa dijadikan pola dalam penulisan artikel di blog, sebisa mungkin dibuat minimal 750 kata.

Dalam prakteknya, tentu sahabat juga tidak perlu menghitung manual atau memakai aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui jumlah kata yang sudah ditulis. Cukup dengan melihat ke arah bawah sebelah kanan, di sana akan ada counter / penghitung kata yang secara terus menerus menghitung setiap kata yang ditulis atau pun dihapus. Tampilannya adalahs ibarat di bawah ini (Akan terlihat kalau sudah buat akun dan login)
Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]

Oke, Inti perihal ketentuannya sudah dimengerti ya. Yakni menulis setiap hari dengan minimal memuat 750 kata di setiap tulisannya.

How it Works? - Cara kerja 750words.com

Sekarang kita masuk ke kerja dari situs ini. Bagaimana cara situs ini dalam melaksanakan tracking atau pelacakan bahwa kita telah berhasil menulis sejumlah 750 kata dan dilakukan setiap hari. Sebenarnya kalau sahabat sudah menciptakan akun di 750Words.com akan bisa pribadi mengerti bagaimana cara kerjanya. Tapi tak apa, di sini saya akan coba kasih sedikit penjelasan.

Btw, untuk membuka akun di 750words.com sangatlah mudah, cukup input nama lengkap dan email juga password yang dipakai untuk login ke akun 750words.com.
Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]
Maka tanpa melaksanakan verifikasi email pun, sahabat akan diantarkan ke halaman entry di mana nanti sahabat akan mulai menulis. Tampilannya ialah kurang lebih ibarat ini.
Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]


Nah sehabis menciptakan akun dan login, maka akan tampil sejumlah gugusan kotak berwarna hijau sejumlah kurang lebih 31 kotak. Nah kotak-kotak tersebut yang akan jadi penanda / tracker sejauh mana kita telah menulis, sekonsisten apa kita telah menulis. 31 berarti 31 hari yang merupakan jumlah hari maksimal dalam sebulan. Setiap kita berhasil merampungkan 750 kata dalam sehari, maka satu kotak tersebut akan berubah symbolnya menjadi ada tanda Cross / Silang hijau.
 
Dan di sini kita ditantang untuk mengisi secara full kotak tersebut hingga penuh. Yang mana hal tersebut bisa dilakukan dengan kita menulis setiap hari di situ. Berikut ialah tampilannya kalau berhasil merampungkan menulis rutin selama sebulan penuh setiap hari, tanpa putus, tanpa setengah-setengah.
Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]
Bukan punya saya

Secara psikologis, fitur Cross / silang tersebut berdasarkan saya cukup baik dalam menawarkan motivasi menulis bagi diri sendiri. Dengan ibarat itu, setidaknya ada sedikit dorongan dalam diri untuk merampungkan misi menulis setiap hari, alasannya ialah kalau sehari saja mangkir menulis, maka kotaknya akan blank alias kosong. Atau kalau menulis tapi tidak hingga 750 kata, maka kotaknya akan bermetamorfosis tanda garis miring (/) kalau disave. Seperti terlihat di bawah ini.

Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]
Memang tidak ada hukumannya kalau kotaknya kososng. Tapi tentunya kalau sudah mendaftar, sebisa mungkin kita selesaikan misi setiap harinya untuk setiap kotak bermetamorfosis tanda Silang hijau.

Melatih diri untuk impulsif dalam menulis dengan 750words.com
Salah satu tips menulis yang juga saya posting di artikel lain yakni perihal menulis mengalir tanpa banyak memikirkan problem teknis ini itu. Ya sejatinya menulis itu harus memakai otak kanan yang impulsif dan mengalir, tidak perlu memikirkan benar tidaknya sebuah ejaan atau tanda baca, lezat tidaknya sebuah kalimat, tulis saja dulu. Karena toh nantinya ada kiprah si otak kiri yang kritis untuk membenarkan atau mengedit setiap kesalahan yang ada.

Makara fungsi otak kanan dan otak kiri tersebut harus dipisahkan, terlebih dalam aktivitas menulis. Akan tidak gampang menghasilkan goresan pena yang banyak kalau dikala menulis, kita juga disibukkan dengan aktivitas mengedit. Itu aktivitas yang berbeda dan jangan disatukan.

Nah di 750Words.com ini, kita juga perlu menerapkan cara ibarat itu. Mengalirlah dalam menulis, buatlah jari-jari Anda menari di atas keyboard untuk membentuk rangkaian goresan pena yang otak kanan Anda ucapkan.

Menulis di platform 750Words.com bukanlah aktivitas Blogging (Ngeblog) atau Status Updating (update status di Social media). Makara tidak perlu ragu dan minder dengan apa yang kita tulis, toh tidak akan ada yang tahu juga. Seperti slogan yang selalu hadir di bab bawah, yaitu 750 Words – Private, unfiltered, spontaneous, daily .

Makara selain sifatnya yang private, tulisannya juga bebas filter (unfiltered), artinya tidak akan ada yang menyaring goresan pena sobat. Spontaneous artinya ibarat dikatakan tadi, di platform ini kita dianjurkan untuk sespontan mungkin dalam menulis sehingga tercapai minimal 750 kata sekalipun 750 kata tersebut mungkin masih jelek. tidak apa-apa, masih bisa diedit kok. Dan terakhir yang jadi utama ialah 'daily', yakni dilakukan secara rutin setiap hari.

Pricing / Harga

Sudah cukup nampaknya bicara soal teknis dan ketentuan penggunaan situs 750words di atas, kini kita sedikit membahas perihal pricing / harga dari layanan situs ini.

Yang perlu sahabat tahu, bahwa pada kurang lebih 4 tahun kemunculannya yakni semenjak December 2009 hingga dengan Mei 2013, situs ini sepenuhnya gratis dan bisa dipakai sepuasnya oleh para membernya. Namun alasannya ialah semakin berkembangnya situs, semakin situs itu memerlukan pemberian / support untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan layanannya. Dan terhitung dari Juni 2013 hingga sekarang, keanggotaan 750words.com hanya gratis pada satu bulan pertama. Untuk tetap menikmati layanan ini di bulan berikutnya, sahabat harus menjadi member dengan membayar biaya keanggotaan senilai $5 saja tiap bulannya (bisa berhenti berlangganan kapan saja).

Adapun sesungguhnya kalau sahabat menginginkan secara gratis terus menerus bisa saja, tinggal daftar ulang memakai email yang berbeda.

Writing Challenge

Setiap bulan 750Words.com juga selalu menawarkan challenge bagi para membernya untuk konsisten menulis setiap hari selama sebulan penuh. Targetnya jelas, yakni harus memenuhi semua kotak dengan tanda X hijau. Jika ada yang bolong satu hari saja, maka dinyatakan gagal dan akan ada homogen punishment bagi member yang ditentukan di awal oleh member itu sendiri, semisal membayar bantuan senilai sekian dollar dan lain-lain atau melaksanakan hal-hal lain sebagai punishment / eksekusi diri sendiri.

Pun sebaliknya kalau sahabat berhasil merampungkan tantangan dan berhasil konsisten menulis selama sebulan full, maka sahabat bisa memanjakan diri sahabat dengan aneka macam hal sebagai hadiah.

Challenge ini ada setiap bulan dan kalau ingin ikut serta, harus melaksanakan sign up terlebih dahulu di bulan sebelumnya. Misal kini bulan juli, maka kita bisa melaksanakan sign up untuk tantangan bulan Agustus depan. Caranya cukup dengan mengklik tombol "THIS MONTH" kemudian pilih Next month challenge. Dan isilah form / surat perjanjian kontrak ibarat tampak berikut ini
Kali ini saya akan menyajikan sebuah review alakadarnya perihal sebuah situs yang berdasarkan  Salam -  Membiasakan Menulis Setiap Hari dengan 750Words.com [Review]

Bagaimana? Tertarik untuk ikuti tantangannya??

***

Nah, barang kali cukup sharing / review saya perihal situs 750words.com. Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas, misal perihal statistik penulisan yang sahabat lakukan, berapa kata yang diketikkan dalam satu menit, serta perihal indikator yang memperlihatkan sikap sahabat dikala menulis, bisa dilacak di situs ini melalui sajian / tombol View Stats yang terletak di sebelah atas halaman entry. Silakan bereksplorasi dan menjelajah lebih dalam perihal segala fitur dari situs 750words.com ini.

Sekian, semoga bermanfat. Terima kasih. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan bisa sampaikan di kolom komentar di bawah ini ya. Salam.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment