Tuesday, November 21, 2017

Salam - Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air [Sharing Pengalaman]

Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air - Di artikel kali ini saya ingin mengembangkan tips yang bersumber dari pengalaman perihal cara mengatasi laptop yang mati, baik itu hanya mati layarnya saja ataupun mati total alasannya yaitu terkena / terseiram air.
 Di artikel kali ini saya ingin mengembangkan tips yang bersumber dari pengalaman perihal cara m Salam -  Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air [Sharing Pengalaman]
cybernetjember.blogspot.com
Dalam perkara ini saya mengalami laptop saya mati alasannya yaitu sebelumnya terkena tumpahan air dari gelas yang tidak sengaja kesenggol ketika saya hendak berdiri. Ya memang saya akui teledor telah menaruh gelas berisi air sempurna disebelah laptop.

Sebuah pengingat juga mungkin buat sobat sekalian biar tidak menaruh gelas berisi air atau kopi atau yang lainnya sempurna di sebelah laptop, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Singkat cerita, air tumpahan tersebut mengenai sedikit episode atas dari laptop saya, namun hanya pada episode touchpad, yang lalu menjadikan air merembes ke sela-sela touchpad.

Selain itu, episode bawah laptop yang notabene terdapat lubang sela-sela udara juga terkena oleh tumpahan air tersebut.. Tanpa berpikir lama, saya pribadi mengambil lap dan mengusapkannya pada episode bawah laptop. Namun tampaknya beberapa tetes air sudah terlanjur masuk ke dalam komponen laptop lewat sela sela ruang udara yang terdapat di bawah laptop tersebut.
 Di artikel kali ini saya ingin mengembangkan tips yang bersumber dari pengalaman perihal cara m Salam -  Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air [Sharing Pengalaman]
bagian bawah laptop
Saat itu saya berpikir tidak akan terjadi apa-apa alasannya yaitu kondisi laptop ketika terkena air tersebut masih hidup dan masih menyala menyerupai biasa.

Tapi lalu selang beberapa menit saya mendapati laptop mati pada episode layarnya. Artinya tidak nampak sesuatu apapun dilayar, hanya hitam sebagaimana kondisi laptop ketika mati. Namun untuk episode mesin tampak masih hidup. Ditandai dengan indikator tombol power yang masih menyala. Sesaat sebelum mati terdengar bunyi ‘jess’ dari episode dalam laptop. Saya mulai agak cemas, khawatir terjadi korslet pada komponen episode dalam laptop, sehingga menimbulkan layarnya mati.

Di sini juga sebetulnya letak kesalahan saya. Seketika mendapati laptop terkena air, ketika itu juga seharusnya saya pribadi matikan laptop dan memutus segala macam arus listrik (kabel charger) yang terhubung. Namun yang saya lakukan yaitu tetap membiarkannya hidup dengan pedoman arus listrik dari charger.

Selanjutnya, saya coba pijit dan tahan tombol power untuk mematikan daya mesinnya. Dan selang beberapa menit lalu saya coba untuk hidupkan lagi dengan keinginan layar laptop sanggup menyala menyerupai semula. Beberapa kali saya lakukan hal tersebut. Namun karenanya nihil, layarnya masih tetap mati.

Mendapati kondisi tersebut saya berpikir untuk membongkar laptop atau episode bawah laptop dengan tujuan untuk setidaknya membersihkan atau menghilangkan air yang mungkin ada di dalam. Tapi alasannya yaitu pengetahuan yang awam serta tidak memiliki alat-alat yang untuk membukanya, saya putuskan untuk membiarkannya saja dan menunggu hari esok dengan rencana saya ingin bawa ke kawasan service.

II
Namun lalu ada saran dari salah seorang teman di salah satu group WA yang juga pernah mengalami hal yang sama ketika laptopnya terkena air dan mati secara total. Saat itu ia bercerita perihal apa yang ia lakukan selanjutnya dalam mengupayakan laptopnya kembali menyerupai semula.

Cara yang ia lakukan yaitu pribadi mengeringkan laptop memakai hair dryer. Hair dryer (pengering rambut) tersebut dihidupkan dan diiarahkan ke episode kepingan yang sekiranya terkena air dengan keinginan kandungan tetesan air yang merembes dalam laptop tersebut sanggup segera hilang / kering, sehingga tidak menambah rusak pada komponen lainnya.
 Di artikel kali ini saya ingin mengembangkan tips yang bersumber dari pengalaman perihal cara m Salam -  Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air [Sharing Pengalaman]
bukalapak.com

Tanpa berlama-lama saya pun menuruti saran dari teman saya tersebut dengan sebelumnya meminjam hair dryer punya abang ipar.

Saya pribadi hidupkan dan arahkan ke beberapa episode dari laptop khususnya episode yang terkena air.

Setelah dirasa cukup, saya tidak pribadi menghidupkan laptop kembali alasannya yaitu takutnya masih akan sama saja menyerupai sebelumnya.

Sebenarnya saya juga tidak berharap cara tersebut akan berhasil alasannya yaitu mendapati bunyi ‘jess’ tadi yang dalam pikiran saya mungkin telah terjadi koslet. Dan memang episode komponen di dalamnya sudah rusak. Tapi pikir saya ketika itu, tidak ada salahnya mencoba saran dari teman saya di atas, semoga saja sanggup berhasil.

Kemudian saya putuskan untuk mendiamkannya selama satu malam. Atas petunjuk dari salah satu artikel yang saya baca di Internet, maka saya tempatkan laptop dengan posisi terbalik dan dibuka 90°. Contoh penampakannya menyerupai di bawah ini.
 Di artikel kali ini saya ingin mengembangkan tips yang bersumber dari pengalaman perihal cara m Salam -  Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air [Sharing Pengalaman]
Posisi dibalik menyerupai ini

Keesokan harinya, sempurna sehabis Shubuh, dengan mengucap Bismillah, saya mencoba menghidupkan tombol power. Dan jeng jeng jeng, alhamdulillah laptop saya kembali menyerupai semula,bisa hidup dan sanggup menampilkan proses booting untuk masuk ke kegiatan atau Windows yang saya gunakan.

Makara pada dasarnya ketika kita mendapati laptop atau gadget mungkin terkena air alasannya yaitu hujan atau alasannya yaitu tumpahan air yang menyerupai yang saya alami, maka tetap tenanglah, jangan grasa grusu.

Yakini semuanya akan baik-baik saja. Ya walaupun hal ini diluar hal teknis, cuma bagi saya ini cukup membantu dan pada dasarnya tetap berpikir positif. Dan sebagai upaya preventif, kembali saya tekankan bagi sobat semua untuk jangan sekali-kali menaruh gelas berisi air sempurna disebelah laptop, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

***

Baik menyerupai itulah mungkin sedikit sharing saya perihal cara mengatasi laptop mati terkena air ini.

Bagi sobat yang mungkin mengalami hal yang sama, silakan sanggup mencoba apa yang telah saya lakukan. Namun alasannya yaitu apa yang saya tulis di sini murni dari pengalaman, maka tentu saya tidak sanggup memperlihatkan jaminan laptop sobat akan kembali berfungsi hidup dengan mengikuti cara saya tulis di atas, alasannya yaitu tentu kondisinya masing-masing berbeda

Kalau masih tidak berfungsi dan laptop tetap mati, solusi bijaknya mungkin sobat harus menyerahkannya kepada orang yang lebih ahli, dalam hari ini tukang servis/teknisi laptop untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

Jika tidak punya keahlian mumpuni dalam bidang hardware laptop, saya sarankan untuk tidak berani-berani melaksanakan bongkar pasang. Karena resikonya sanggup saja kondisi laptop jadi tambah parah alasannya yaitu kesalahan sendiri.

Baik, sekian saja artikel kali ini. Bagi sobat yang mengalami hal yang sama, boleh mengirimkan komentarnya di bawah ini untuk bertanya atau sekadar saling sharing.

Semoga bermanfaat hingga jumpa di artikel berikutnya
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment