Wednesday, November 22, 2017

Salam - Mengenal Sintesa, Pesantren yang Berfokus Pada Qur'an dan Bisnis Online

Pesantren yakni istilah yang kerap dipakai untuk merujuk pada sebuah tempat mempelajari agama Islam. Biasanya tempat yang dimaksud tersebut berupa pondok, yang itu berarti para akseptor didik (santri)-nya mondok atau menginap di tempat tersebut. Sehingga lebih sering kita dengar juga dengan sebutan pondok pesantren. Baik, ini hanya intermezo :)

Dewasa ini yang pesantren mungkin jumlahnya sudah banyak sekali, baik itu yang terletak di kota besar maupun di tempat yang masih tergolong pedalaman. Semuanya berjalan dengan aktivitas dan fokus belajarnya masing-masing. Dan dari sekian banyak pesantren yang ada, pada umumnya memakai nama-nama Arabik, ibarat Daaruut Tauuhid, Al-Huda, Al-Fatah, dan lain sebagainya. Namun berbeda dengan pesantren yang satu ini, namanya yakni Pesantren Sintesa yang terletak di desa Ngadirejo, Magetan, Jawa Timur.

Pesantren yakni istilah yang kerap dipakai untuk merujuk pada sebuah tempat mempelajari Salam -  Mengenal Sintesa, Pesantren yang Berfokus Pada Qur'an dan Bisnis Online


Sintesa. Nama ini sendiri sesungguhnya merupakan singkatan dari Sinergi Terpadu Santri. Mengisyaratkan adanya sinergi dan keselarasan yang tercipta di antara para santri dalam lingkungan pesantren itu sendiri. Selain dari namanya yang unik, pesantren ini juga mempunyai fokus berguru yang boleh dibilang berbeda dengan pesantren kebanyakan. Karena selain berfokus pada pendidikan Islam, khususnya tahfidz Al-Quran, pesantren Sintesa juga mengajarkan para santrinya dalam bidang bisnis online atau Internet marketing. Ya boleh jadi, Sintesa ini merupakan yang pertama dan satu-satunya pesantren yang berfokus pada pengajaran bidang bisnis online pada santri-santrinya.

Seperti kita tahu bahwa di kala teknologi dan gosip kini ini, Internet bisa jadi salah satu jalan untuk mengais rezeki, yakni melalui bisnis Online. Banyak sekali cara / metode mencari penghasilan di Internet, mulai dari jualan barang secara online, menjadi makelar (affiliasi), monetisasi konten website, dan lain-lain. Tidak sedikit yang sudah mencicipi sukses melalui mediator bisnis di Internet. Dan tentunya kalau dioptimalkan dengan baik, Bisnis Online atau kerap juga disebut Internet Marketing bisa menjadi jalan yang bisa mengantarkan para perjaka pada kesuksesan yang ujungnya juga bisa bermuara pada kemaslahatan dan kebermanfaatan bagi orang banyak.

Hal ini juga tentunya tidak lepas dari andil pendirinya, yaitu Ibrahim Vatih yang merupakan praktisi dan mentor dalam bidang Internet Marketing yang kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Beliau merupakan Internet Marketer sukses dan sudah sangat sering mengisi banyak sekali workshop Internet Marketing sebagai pembicara / pengisi materi. Atas dasar keinginan untuk membantu dan memperlihatkan keinginan kepada para generasi muda yang mungkin secara biaya kurang mampu, tapi mempunyai semangat berguru yang tinggi maka didirikanlah Pesantren Sintesa ini pada 2014 kemudian dengan angkatan pertamanya yang kala itu hanya berjumlah 10 santri.

Tagline dari Sintesa yang berbunyi Bersama Hijaukan Generasi Indonesia barangkali sangat cocok dengan kondisi generas muda Indonesia ketika ini. Menurut saya hal itu merupakan manifestasi dari keprihatinan pendirinya ihwal keadaan genarasi muda kini yang bisa dibilang pergaulannya telah banyak digempur dengan budaya-budaya barat yang jauh dari nilai-nilai islami.

Para perjaka merasa aib ketika tidak hafal lagu-lagu pemuncak tangga billboard terbaru, tapi merasa biasa saja ketika tidak hafal Surah-surah pendek di Al-Quran. Malu ketika ketinggalan membaca novel keluaran terbaru karya penulis Best Seller, tapi merasa biasa saja ketika menyadari dirinya sudah usang tidak membaca Al-Quran. Contoh lainnya masih banyak, ibarat budaya pacaran yang kian merajalela. Yang jomblo dhina alasannya yakni dianggapnya tidak laku, punya pacar dianggap sebagai sebuah prestasi padahal nyatanya hanya memupuk dosa.

Dan setidaknya itulah yang penulis lihat ihwal maksud dari Bersama Hijaukan Genarasi Indonesia tersebut. Pada kenyataannya memang generasi muda kita butuh dihijaukan, khususnya ilmu agama dan ilmu dunia yang bisa memperlihatkan manfaat bagi banyak orang. Hadirnya Sintesa dengan visi dan tujuan yang sangat mulia tersebut sedikit banyaknya telah memperlihatkan secercah cahaya dan keinginan bagi para perjaka yang berkesempatan menjadi santri di sana.

Program Belajar di Sintesa
Adapun untuk berguru di Sintesa ini tidak perlu membayar biaya alias sepenuhnya GRATIS. Karena memang dari awalnya pesantren ini ditujukan untuk generasi muda Indonesia yang boleh dibilang berkekurangan dalam hal ekonomi namun mempunyai semangat tinggi dalam berguru dan memperbaiki kehidupan melalui Internet Marketing.

Kenapa bisa gratis?? Sintesa dibangun sepenuhnya secara swadaya atas jasa para donatur. Seluruh biaya operasional hingga biaya makan santri sehari-hari juga masih ditanggung oleh para donatur. Oleh alasannya yakni itu, kendati saya sebutkan gratis, tapi jumlah kuota santri yang diterima juga dibatasi. Sehingga hanya calon-calon terpilihlah yang bisa mengikuti aktivitas berguru di Pesantren Sintesa ini. Ada seleksi ketat yang harus diikuti sebelum benar-benar diterima (Jika mendaftar melalui jalur reguler).

Namun Sintesa juga menyediakan registrasi melalui jalur donasi. Yakni registrasi tanpa proses seleksi. Jalur ini diperuntukkan bagi para pendaftar yang sudah yakin akan manfaat dengan aktivitas berguru di Sintesa sehingga berkomitmen dengan jalur donasi. Atau bagi pendaftar yang mungkin tidak lulus dalam proses seleksi jalur reguler, namun tetap ingin berguru di Sintesa. Adapun bantuan yang dimaksud yakni nominal uang minimal 5 juta rupiah. Ini bukanlah biaya registrasi atau semcacamnya, uang bantuan tersebut sepenuhnya akan dipakai untuk keperluan makan sehari-hari santri yang bersangkutan selama berguru di Sintesa. Insya Tuhan ini merupakan nominal yang sangat murah kalau dibandingkan dengan ilmu dan pengalaman yang akan didapat nantinya.

Lama Belajar
Program berguru di Sintesa yakni selama 1 tahun full berguru di pondok sejak di buka pada tahun 2014 lalu. Tiap tahun, Sintesa membuka registrasi Santri gres sebanyak 2 kali (6 bulan sekali). Dan hingga kini, Sintesa telah mempunyai 5 angkatan. 4 Angkatan sudah lulus, dan angkatan ke 5 masih menjalani proses berguru hingga 6 bulan ke depan. Sudah banyak juga Internet Marketer handal, para penakluk Search Engine yang dihasilkan dari Pesantren Sintesa ini. Kebanyakan dari mereka, minimal sudah punya website sendiri yang bisa mendatangkan trafik dan penghasilan.

Pendaftaran Angkatan 6
Nah kabar gembiranya, kini Sintesa tengah membuka aktivitas berguru angkatan ke 6 nya, hingga simpulan bulan juli ini. Barangkali ada teman-teman atau kolega yang berminat, selama memenuhi syarat dan kualifikasi bisa mencoba mendaftarkan diri, baik itu melalui jalur regular maupun jalur donasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut ihwal Sintesa dan pembukaan registrasi untuk angkatan 6, bisa eksklusif saja kepoin websitenya di sintesa.net atau di fanpage Facebooknya di facebook.com/sintesa.play.

Baik, barangkali cukup segitu yang bisa saya sampaikan mengenai Sintesa. Apa yang saya tulis di atas murni dari hasil pendapat dan pengamatan pribadi sehabis berselancar di Website Sintesa dan beberapa artikel di Internet yang membahas ihwal Sintesa. Oleh alasannya yakni itu, mohon maaf bila ada beberapa bab yang mungkin salah. Saya mohon koreksinya kalau ada yang keliru, silakan sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Sekian dan supaya gosip ini bermanfaat. Terima kasih.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment