Tuesday, November 28, 2017

Salam - SERU!! Ukur Seberapa Cepat Kemampuan Mengetikmu Dengan Mengikuti Online Typing Competition

Halo sahabat blogger, di postingan kali ini saya ingin sedikit mengembangkan pengalaman perihal mengetik cepat. Di artikel lain sebelumnya saya telah memperlihatkan tips dan panduan bagaimana menguasai kemampuan mengetik 10 jari dalam waktu seminggu atau kurang.

Banyak media dan cara yang bisa kita lakukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari kita. Salah satu yang paling saya sukai yaitu dengan berlatih di situs online yang khusus menyediakan alat untuk mengukur berapa kecepatan mengetik yang kita punya.



Salah satu situs yang direkomendasikan yaitu 10 fast finger, beralamatkan di 10fastfinger.com. Seperti namanya, di situs tsrsebut mendukung kita biar bisa meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari. Dan bukan hanya cepat tapi juga presisi. Artinya setiap jari difungsikan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan abjad bagiannya (tidak asal pencet)

Jika sahabat telah mempunyai basic mengetik 10 jari dengan tanpa melihat ke arah keyboard maka coba lakukan test di situs 10fastfinger di situs tersebut. Di sana sahabat bisa ketahui berapakah kecepatan mengetik sahabat ynag dinyatakan dalam satuan WPM (words per minute).

Berapa standar rata-rata mengetik 10 jari tang dikatakan normal?
Sebenarnya saya juga kurang tahu soal ini. Tapi dari hasil pengamatan kesana kemari, saya dapati bahwa standar minimal mengetik 10 jari untuk keadaan normal yaitu sekitar 60 WPM. Artinya dalam 60 detik sahabat bisa mengetik sejumlah 60 kata. Alias 1 kata per detik. Lebih besar nilai WPM nya, niscaya lebih bagus

Baik, mari kita coba telusuri situs 10 fast finger ini.

Silakan pribadi buka saja melalui link ini => https://10fastfingers.com/typing-test/indonesian



Untuk yang gres pertama kali mengunjungi situs ini, sahabat bisa lakukan pendaftaran dengan memakai alamat email atau biar lebih mudah saya sarankan memakai akun facebook yang sahabat punya. Selain cepat, caranya juga gampang dan instant. Karena hanya cukup mengklik satu buah tombol bertuliskan Facebook Login


Segera setelahnya sahabat akan pribadi mempunyai sebuah akun 10fastfinger. Untuk dasar / basic, silakan sahabat lakukan Typing testnya terlebih dahulu.

Lalu set bahasanya ke bahasa Indonesia. Bisa saja mengunakan bahasa lain kalau sahabat memang menguasai.

Setelah itu sahabat akan disuguhkan sebuah bidang berisikan rangkaian kata demi kata yang tersusun berderet. Tugasnya hanya mengetik satu per satu kata tersebut sebanyak banyaknya dalam batas waktu yang diberikan yaitu satu menit atau 60 detik.

Dalam proses mengetiknya juga akan ada indikator apakah ada kesalahan dalam hal menekan tuts keyboard apa tidak. Jika tuts keyboad ynag kita tekan benar, maka tampilan di bidang abjad akan berwarna hijau. Namun kalau salah akan menjadi merah. 


Silakan selesaikan ketikan sahabat selama 1 menit tersebut. Usahakan jangan banyak melaksanakan kesalahan. Karena akan sangat membuang waktu sobat. Ingat di sini waktu 1 detik pun sangatlah berharga dan akan menghipnotis nilai selesai kecepatan mengetik yang sahabat punya.

Sedikit TIPS
Adapun tipsnya yaitu jangan banyak menekan tombol backspace atau tombol hapus manakala sahabat menekan tombol salah. Langsung saja mengetik ke kata berikutnya dengan benar. Waktu untuk menghapus dan menuliskan kembali juga kadang sangat mempengaruhi, risikonya akan menurinkan nilai selesai speed mengetik sobat.

Test tingkat advance intinya sama saja dengan yang basic. Bedanya hanya pada jumlah kata yang disediakan dan tingkat kerumitan katanya agak lebih ditingkatkan. Dan untuk membuka pintu biar sahabat bisa mengerjakam test advance yaitu terlebih dahulu harus menuntaskan minal 10 kali test basic dan harus dalam keadaan login.


Typing Competition
Nah kalau kedua test tersebut sudah sahabat coba. Tidak ada salahnya sahabat mulai mengukuti typing competition yang disediakan.

Seperti namanya di fitur ini sahabat bisa berkomepetisi untuk mengukur seberapa cepat kemampuan mengetik sahabat dibandingkan dengan orang lain.

Untuk mengikutinya, silakan klik tab typing cimpetition. Berikutnya akan muncul jendela berisikan bendera-bendera negara yang sedang live berlangsung kompetisi.

Jika sahabat dari indonesia, silakan pilih negara Indonesia, kalau memang ada live. Jika sedang tidak ada kompetisi, sahabat bisa menciptakan room kompetisi dengan mengklik tombol +Create Game.



Berikutnya akan muncul form berisi rangkaian kata yang harus sahabat ketikan sebanyak banyaknya dalam tempo waktu 60 detik. Untuk hal ini terlihat sama saja dengan test biasa, ibarat test basic dan advance.

Di bilah sebelah kanan akan disajikan data nama para kompetitor kita lengkap dengan data pencapaian speed / kecepatannya.

Kompetisi ini mempunyai durasi waktu selama 12 jam. Biasanya diikuti oleh sekitar 30 hingga 50 peserta. Setiap penerima akan diberikan soal atau test dengan kata kata yang sama.
 

Kaprikornus di bab selesai murni akan terlihat siapa yang mempunyai kecepatan mengetik manis dan diketahui juga juaranya.

Dan dalam tempo waktu tang disediakan, kita dibutuhkan bisa masuk ke peringkat atas di tabel leaderboard.

Biasanya leader board akan dipimpin oleh orang dwngan speed di atas 100 wpm. Ya 100 kata per menit. Itulah jumlah speed minimal yang harus sahabat raih kalau ingin masuk ke leader board teratas, minimal 3 besar.

Saya sendiri belum sanggup untuk masuk ke minimal 10 besar. Karena kecepatannya masih belum maksimal. Terakhir ikut kompetisi, nilai speed saya terhitung paling tinggi yaitu 82 WPM dan itupun masih berada di peringkat belasan, dengan rata-rata 70-80 WPM. Segitu juga alhamdulillah :)

Dan tanpa disaadari sehabis saya mengikuti test kompetisi ini selama beberapa hari, kecepatan mengetik saya cukup meningkat. Dari yang tadinya ganya bisa capai 60wpm, kini sudah bisa mencapai 70 wpm hingga 80 wpm. Besar keinginan juga bisa punya kecepatan mengetik secepat orang di video ini yang bisa mencapai speed 217 WPM.


Fastest Typist in the world


Nah bagaimana? Mau coba berkompetisi juga? pribadi saja cuss ke situsnya di sini => https://10fastfingers.com/competitions
(harus dalam kondisi login)

Baik sekian sharing sederhana ini. Semoga bermanfaat buat sahabat semua. Terima kasih
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment