Saturday, December 16, 2017

Salam - 4 Alasan Kenapa Gunakan Layout Tulisan Rata Kiri Untuk Artikel Blog

4 Alasan Kenapa Gunakan Layout Artikel Rata Kiri Untuk Artikel Blog - Seperti judulnya, di artikel kali ini saya ingin sedikit memperlihatkan pemahaman perihal format layout yang baik untuk dipakai di artikel blog. Layout yang saya maksud di sini yaitu berkenaan dengan format perataan goresan pena dalam sebuah paragraf. Walaupun kelihatannya sepele tapi format layout goresan pena ini juga turut besar lengan berkuasa pada tingkat kenyamanan visitor dikala membaca sebuah goresan pena / artikel di blog kita.

Seperti kita tahu, format layout goresan pena ada 4 jenis (pilihan). Yaitu antara lain : rata kiri (align left), rata kanan (align right), rata tengah (center), dan rata kiri-kanan (justify). Kesemuanya itu tentu berguna masing-masing diadaptasi dengan isi / tulisannya. Misal, kita biasa memakai format rata tengah dan atau rata kanan untuk goresan pena menyerupai lirik lagu atau puisi. Makara kedua format layout ini (rata tengah dan rata kanan) dapat dan biasa kita gunakan untuk goresan pena yang bersifat langsung atau tidak terlalu resmi.

Adapun kedua format sisanya, yaitu rata kiri dan rata kiri kanan. Kedua format inilah yang paling sering kita temukan / diterapkan dalam sebuah layout tulisan, baik itu di buku, koran dan majalah. Tak terkecuali juga di artikel blog. Kedua format ini yaitu yang paling sering dipakai oleh para blogger untuk setelan artikelnya, rata kiri atau rata kiri kanan. Pengecualian mungkin kalau artikelnya bahasa Arab, niscaya / biasanya pakainya rata kanan.
 Alasan Kenapa Gunakan Layout Artikel Rata Kiri Untuk Artikel Blog Salam -  4 Alasan Kenapa Gunakan Layout Tulisan Rata Kiri Untuk Artikel Blog

Di antara kedua format layout tersebut, saya sendiri pun prefer menentukan format layout rata kiri untuk dipakai di artikel blog, ketimbang memakai rata kiri-kanan. Kalau Anda pilih yang mana? Ya, itu kembali lagi ke selera masing-masing tentunya. Saya tidak akan memaksakan Anda untuk menentukan satu gaya format. Tapi setidaknya di sini saya ingin memperlihatkan citra dan sedikit alasan kenapa lebih baik memakai format layout rata kiri untuk artikel blog.

Oke, berikut yaitu sedikit alasannya.:

1. Lebih Gampang Dipindai Saat Membaca

Dengan layout rata kiri, akan lebih memudahkan mata dalam memindai setiap rangkaian kata demi kata dalam sebuah kalimat. Karena jarak antara tiap kata (spasi) akan sama. Lain halnya kalau memakai format rata kiri-kanan, biasanya akan ada beberapa bab kalimat yang mempunyai spasi antara dua kata yang teramat lebar alasannya yaitu menyesuaikan dengan ukuran halaman. Hal menyerupai ini tentunya mengakibatkan goresan pena agak sulit dipindai /scaning oleh mata.
 Alasan Kenapa Gunakan Layout Artikel Rata Kiri Untuk Artikel Blog Salam -  4 Alasan Kenapa Gunakan Layout Tulisan Rata Kiri Untuk Artikel Blog
Contoh goresan pena rata kiri-kanan (justified)

2. Format Rata kiri-kanan Bukan Standar penulisan artikel web

Format rata kiri-kanan kurang cocok dipakai / diterapkan di artikel blog atau website, salah satunya alasannya yaitu alasan no. 1 di atas. Format rata-kiri kanan lebih cocok dan memang diperuntukkan untuk sesuatu hal yang resmi, menyerupai Surat Dinas, makalah, karya ilmiah, skirpsi, dan sebagainya.


3. Website-website Besar Menggunakan Format Rata Kiri

Jik Anda sering berselancar di dunia maya, mungkin sering mengunjungi situs-situs besar portal gosip menyerupai detik, kompas, beritasatu, dan lain-lain. Jika diperhatikan kebanyakan memang memakai format goresan pena rata kiri untuk artikel yang mereka publish. Selain itu para blogger kenamaan favorit saya menyerupai mbah Indri Lidiawati, Mas Sugeng, Pak Yodhia Antariksa, dll juga memakai format goresan pena rata kiri untuk artikel-artikel blog mereka.


4. Lebih Santai dan Tidak Kaku

Dengan format goresan pena rata kiri risikonya jadi lebih terlihat santai, walaupun mungkin sekilas menyerupai berantakan.


Nah, itulah sedikitnya 4 alasan sederhana kenapa harus gunakan layout goresan pena rata kiri untuk artikel blog. Ya, walaupun tidak ada hukum resmi dalam hal beginian, secara SEO juga saya tidak terlalu paham apakah pemilihan format layout goresan pena akan besar lengan berkuasa atau tidak. Tapi setidaknya dengan keempat alasan simpel di atas sudah cukup dapat kita jadikan sebagai kiblat untuk mengikuti memakai format layout goresan pena rata kiri. Tapi kalau Anda lebih lezat dengan format rata kiri-kanan (justify), atau bahkan mungkin rata kanan (align right) / rata tengah (center), silahkan saja pilihan ada di hati nurani Anda.. hehe

Baik, cukup sekian artikel ringan ini. Semoga memperlihatkan pencerahan bagi teman pembaca sekalian. Terima kasih.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment