Monday, December 11, 2017

Salam - Cara Agar URL Static Page / Laman Sama Dengan Judulnya

Selamat malam teman sekalian, kembali lagi bersama admin di sini. Di artikel kali ini saya ingin memperlihatkan sebuah tips dan tutorial blogging sederhana, masih dengan platform blogger tentunya. Yang akan dibahas kini ialah cara biar URL Static Page (Laman Blog) sama dengan judul lamannya. Static Page / laman statis ialah halaman yang dapat kita buat untuk menampilkan informasi-informasi blog yang bersifat statis menyerupai kontak, about, kebijakan privasi, dll. Dan tutorial sederhana ini saya tulis atas dasar pengalaman yang mana kadang ketika menciptakan sebuah laman blog, misal laman About, terkadang sesudah dipublish URLnya tidak sama dengan judul laman / page nya.

Contoh kasusnya menyerupai ini. Misal saya menciptakan sebuah laman statis berjudul 'About'. Setelah lamannya dipublish, maka URL yang dibuat idealnya ialah menyerupai ini >> indravedia.com/p/about.html. Namun kadang ada satu masalah yang menimbulkan URL yang dibuat tidak sesuai / melenceng jauh dari yang kita harapkan, misalna jadi menyerupai ini >> indravedia.com/p/blogpage_17.html. Kenapa itu dapat terjadi? Berikut penjelasannya.
 Di artikel kali ini saya ingin memperlihatkan sebuah tips dan tutorial blogging sederhana Salam -  Cara Agar URL Static Page / Laman Sama Dengan Judulnya

Seperti kita tahu, untuk menciptakan sebuah laman, pihak bloggernya sendiri juga tidak menyediakan fitur kustomisasi / adaptasi URL. Laman yang dipublish memuat URL hasil generate mesin bloggernya secara otomatis, tidak dapat kita edit sendiri. Kaprikornus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita hendak menciptakan dan mempublikasikan laman.

Seperti hal sepele sebenarnya, toh tidak ada pengaruhnya kalau dilihat dari segi isi/konten page-nya. Tapi kalau kita tinjau dari segi SEO (Search Engine Optimization) maka hal ini juga cukup berpengaruh. Kita tahu robot perayap Google juga akan lebih gampang dalam mengindeks sebuah halaman salah satunya alasannya ialah URL nya yang SEO Friendly. Lebih baik ini >> indravedia.com/p/about.html, kan dari pada ini >> indravedia.com/p/blogpage_17.html. 

***
Nah kini pertanyaannya, apakah yang menimbulkan URL sebuah laman terkadang menjadi tidak sesuai atau sama dengan judulnya? Hal ini juga sempat menjadi pertanyaan dan keresahan langsung saya dulu pas awal-awal belajar, tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu kini saya sudah sedikitnya mengetahui akar penyebabnya dari masalah di atas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan sebuah page / laman biar URL yang dibuat sama dengan judulnya. Apa sajakah itu?? Di bawah ini pembahasannya

Hal utama yang mensugesti pembentukan URL sebuah laman tidak sesuai dengan judulya ialah : Kita mendahulukan menulis isi laman ketimbang judul lamannya itu sendiri. Jika bidang isian judul dibiarkan kosong, alasannya ialah kita mendahulukan mengetik isi postingnya, maka sistem Bloggernya akan men-generate bentuk URL nya menjadi menyerupai ini www.yourblog.com/p/blogpage_222. Kaprikornus hukum mainnya, dahulukan menuliskan judul page / lamannya terlebih dahulu, gres lalu isi page-nya. Dengan begitu, maka InsyaAllah URL yang dibuat akan sama dengan judul dari page yang dibuat.

Selain itu, kalau ada 2 atau lebih laman berjudul sama, salah satunya mungkin alasannya ialah kita lupa telah menciptakan laman Contact lebih dari satu kali. Misal URL laman pertama www.yourblog.com/p/contact.html, maka URL blog yang kedua biasanya akan memuat satu atau dua digit angka di belakang URL nya, misalnya menyerupai begini www.yourblog.com/p/contact_17.html. Hal ini dapat kita siasati dengan menambahkan satu kata di judul lamannya, misal jadi Contact Us. Sehingga nanti sesudah dipublish, URL yang dibuat akan menjadi menyerupai ini www.yourblog.com/p/contact-us.html. Lebih terlihat eye catching dan SEO Friendly tentunya ketimbang memuat angka-angka yang kurang relevan menyerupai pola di atas.

Nah, itulah cara yang dapat teman lakukan biar URL static page / laman blog menjadi sama dengan judulnya. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment