Tuesday, December 12, 2017

Salam - Mencoba Aplikasi Facebook Lite di ASUS Zenfone 4

Facebook ialah jejaring sosial yang boleh dibilang masih menempati urutan  teratas di antara sekian banyaknya jejaring sosial yang ada ketika kini ini. Dengan jumlah pengguna loyal terbanyak yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri jumlah penggunanya juga sudah sangat bejibun. Setiap orang dari mulai yang masih anak bocah sampai lansia tidak sedikit yang sudah mempunyai akun facebook pribadi. 


Facebook sendiri juga kita tahu mempunyai fitur yang sangat komplit untuk standar sebuah media sosial. Kita dapat mengupdate / posting status dengan jumlah abjad yang tidak dibatasi, dapat upload foto, video, tag teman, kirim pesan personal (messenger) dan masih banyak lagi fitur lainnya yang powerful. Hal ini juga yang tampaknya menyebabkan facebook semakin kesini semakin dicintai oleh setiap penggunanya dan menjadikannya sebagai social media utama.

Tapi ada sedikit hal yang secara langsung agak saya sayangkan, khusus untuk penggunaan facebook melalui aplikasi Smartphone. Dengan seabreg fitur yang dimilikinya tersebut, menyebabkan aplikasi facebook mempunyai ukuran byte aplikasi yang tidak mengecewakan besar dan juga cukup menguras RAM. Sudah niscaya untuk perangkat HP kelas entry level yang berperforma menengah ke bawah (RAM di bawah 1 GB) akan sulit untuk menjalankan aplikasi Facebook dengan lancar, sebab seringnya akan tersendat-sendat ketika loading, scrolling timeline, proses upload, playing videos, dan yang paling parah suka terjadi forced close. Bikin jengkel kadang jadinya. Pengalaman saya untuk dapat dengan lancar menjalankan aplikasi Facebook, khususnya di Android minimal smartphone-nya harus mempunyai kapasitas RAM 2 GB. Selain itu aplikasi facebook ini juga dapat dibilang cukup menguras data paket internet yang kita punya, terlebih kalau fitur autoplay videonya dibikin enable.

Nah, berkaitan dengan hal di atas tentu saya rasa sudah sangat dipertimbangkan oleh pihak facebooknya sendiri untuk menyediakan solusinya. Bagaimana caranya semoga smartphone kelas menengah ke bawah pun tetap dapat menikmat seluruh fitur facebook dengan lancar dan penggunaan data internet yang hemat. 

Maka dari itu, hadirlah aplikasi berjulukan Facebook Lite. Bisa dibilang facebook lite ini merupakan versi mini dari aplikasi facebook aslinya. Karena dengan ukuran byte aplikasi yang sangat kecil, kurang dari 1 MB, dapat dipasang di Smartphone yang berperforma rendah sekalipun. Ya, walaupun nanti sehabis login, tampilannya sedikit agak kaku, tapi kita tetap mendapat seluruh fitur facebook, dari mulai update status, upload gambar dari gallery, sampai dapat kirim dan terima pesan personal tanpa harus menginstal aplikasi messenger. Dan yang paling penting, aplikasi facebook lite ini tidak terlalu menguras paket data internet yang kita punya. Makara dapat lebih ekonomis lah begitu.

Saya sendiri pun memakai aplikasi Facebook Lite ini di perangkat ASUS Zenfone 4 saya yang notabene cuma mempunyai kapasitas RAM 1 GB. Sebelumnya saya memakai ASUS Zenfone5 dan tidak ada duduk masalah dari segi performa untuk menjankan aplikasi Facebook asli, tapi sebab beberapa waktu kemudian HP nya digondol maling (sedikit curcol), jadi kini pakai 'adiknya' dulu, si Zenfone 4. :D

Bisa saja gotong royong menjalankan aplikasi Facebook yang normal di perangkat Asus Zenfone 4 ini, namun sehabis dibuka dan login, karenanya tidak dapat lancar dan tersendat-sendat bahkan untuk sekadar scroll timeline saja. Makara saya putuskan untuk copot (uninstal)  saja dan sebagai gantinya memakai Facebook Lite yang tampaknya lebih ramah dan erat dengan Smartphone berperforma rendah.




Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment