Saturday, December 2, 2017

Salam - Cara Memasang Widget Facebook Like Box / Facebook Page Plugin di Blogger

Di artikel ini, akan menyajikan tutorial sederhana perihal cara memasang facebook Like Box di blog untuk dijadikan sebagai widget. Facebook like box sesungguhnya ialah nama untuk versi lama, adapun sehabis mengalami update terbaru oleh tim Facebook, sekarang nama dari fitur facebook ini ialah Facebook Page Plugin.

Facebook Page Plugin ini disediakan oleh Facebook salah satunya untuk para blogger. Kita dapat menyematkan Facebook Page Plugin ini dalam bentuk widget di blog dengan tujuan mempromosikan halaman (fanspage) yang kita kelola kepada para visitor yang tiba mengunjungi blog. Sehingga peluang mendapat like menjadi lebih banyak dan kedepannya kita juga dapat menimbulkan Halaman facebook / Fanspage yang kita kelola sebagai 'kolam ikan' untuk memancing trafik pengunjung ke blog.

Oke, eksklusif saja berikut ialah cara terbaru untuk memasang facebook like box atau facebook page plugin di blog, kita akan menjadikannya sebagai widget di sidebar blog. Dalam hal ini saya asumsikan sahabat sudah menciptakan / mempunyai Facebook Page / Halaman Facebook yang mau dipromosikan / ditampilkan di blog.

Silakan ikuti panduan singkat berikut.


1. Kunjungi halaman berikut ini.
https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin
2. Maka akan muncul settingan yang cukup mudah dan gampang untuk dimengerti.

Sobat cukup melaksanakan kustomisasi / adaptasi bagaimana tampilan widget facebook page nanti akan tampil di blog. Silakan lakukan pengaturan sesuai dengan cita-cita sobat.

  • URL Halaman Facebook : isi dengan URL Facebook Fanpage dengan format https://web.facebook.com/username
  • Tab : isi dengan kata timeline jika ingin menampilkan kronologi di widget
  • Lebar dan Tinggi : Untuk mengatur berapa px (pixel) ukuran widget facebook page. Silakan isi 'lebar' dengan angka sesuai ukuran sidebar blog sobat. Atau tidak diisipun tidak apa-apa. Karena di bawah ada pilihan centang "Sesuaikan dengan lebar wadah plugin"
  • Silakan centang juga pilihan yang lain sesuai keinginan. Dan lihat preview widgetnya di bawah.
  • Jika dirasa sudah pas, eksklusif saja klik tombol 'Dapatkan kode' di bab bawah



3. Maka akan muncul jendela berisi isyarat / script yang nantinya akan kita tempatkan di blog. Klik pada tab 'iframe'. kemudian  Copy script iframe tersebut untuk dimasukkan ke layout blog.

4. Masuk ke Blogger > Menu Layout / Tata Letak > Add Gadget  di sidebar >HTML/Javascript.
Paste scriptnya . Lalu Save

5. Silakan dicek bagaimana hasilnya. Jika berhasil, maka widget facebook like dari halaman facebook sahabat sekarang sudah terpampang dengan ciamik di sidebar blog sobat.

6. Selesai.

Begitulah cara memasang facebook page plugin atau lebih dikenal dengan nama Facebook Like Box di sidebar blog. Diharapkan dengan pemasangan widget ini, maka jumlah like akan bertambah dan nilai Authority blog kita pun dapat meningkat di mata visitor. Karena dengan adanya halaman facebook dari sebuah blog juga dapat mencerminkan keseriusan si admin dalam mengelola blognya.

Demikan artikel ini. Semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian. Terima kasih. Jangan lupa baca juga cara memasang Pop Up Facebook Like di blog.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment