Thursday, December 7, 2017

Salam - Pengertian dan Penjelasan Singkat Tentang Bisnis Online Bagi Pemula

Apakah yang ada di benak Anda saat mendengar kata Bisnis Online?
Sebagian besar orang akan mendefinisikan bisnis online sebagai sebuah konsep bisnis yang bisa dijalankan secara gampang dan bisa menghasilkan profit / laba dalam waktu relatif cepat. Ada juga yang menganggap bahwa bisnis online itu lebih cocok dijalankan hanya sebagai alternatif atau sampingan.

Persepsi tersebut di atas tidaklah salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Profesi sebagai pebisnis online sampaumur ini tidak bisa dianggap remeh. Bahkan tidak sedikit yang sudah menunjukan bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar per bulannya dari pekerjaan online yang ditekuninya.
Apakah yang ada di benak Anda saat mendengar kata Bisnis Online Salam -  Pengertian dan Penjelasan Singkat Tentang Bisnis Online Bagi Pemula
Bisnis online juga kerap disebut dengan istilah Internet Marketing. Yakni sebuah acara bisnis dengan memasarkan sebuah produk di Internet, ibarat misalnya toko online. Sebelum ada internet, seorang pemilik toko hanya bisa menjangkau sedikit pangsa pasar, hanya di lingkungan kawasan tokonya berada. Selain itu pemilik toko / karyawan toko dituntut untuk siap siaga melayani pelanggan bilamana ada yang membeli. Dan tentunya sehabis pelanggan akibat belanja, Anda harus menunggu pelanggan tersebut tiba kembali membeli produk dagangan Anda.

Namun dengan adanya internet, sekarang hal tersebut di atas sudah sedikit berbalik. Yang mana pelanggan yang berniat membeli produk kita hanya tinggal duduk di depan layar komputer atau gadget mereka, dan produk dagangan yang Anda pajang di toko online Anda yang tiba menghampiri mereka, ibarat seakan menjual dirinya sendiri. Makara si pemilik toko tinggal menunggu orderan masuk, untuk kemudian Anda kirimkan barangnya ke si pembeli tersebut melalui jasa ekspedisi.

Produk yang dipasarkan pun tidak harus berupa berupa produk fisik tapi juga bisa berupa produk digital, ibarat ebook, video tutorial, software, plugin, template website dan lain sebagainya.

Kelebihan lain dari berbisnis online juga sifatnya yang fleksibel, bisa kita jalankan tanpa terikat waktu dan tempat, asalkan ada perangkat berupa komputer atau laptop dan koneksi internet, kita bisa memulai berbisnis online.

Namun dari sekian banyak keunggulan ihwal bisnis online, bukan berarti berbisnis online itu tidak ada tantangannya. Kita tahu sudah banyak sekali tokoh-tokoh Indonesia yang sudah sangat sukses menghasilkan uang dari dunia Internet. Dan tentu mereka tidak menggapainya secara instan, tapi melalui serangkaian perjuangan yang dilakukan secara konsisten dan tekun selama bertahun-tahun. Semua butuh proses dan tidak ada jalan pintas meunju sukses.

Jenis-jenis Bisnis Online

Seperti saya bilang tadi, bisnis online itu banyak sekali cabangnya, bukan hanya toko online atau jualan secara online. Tapi lebih dari itu masih banyak cabang bisnis online lain yang kesemuanya itu bisa kita kelompokkan menurut 2 kelompok besar.

  1. Bisnis online yang tidak mengharuskan punya blog website, ibarat PTC (Paid To Click), Paid Survey, Youtuber, Trading Forex, dll
  2. Bisnis online yang mengharuskan punya blog / website, misalnya toko online, make money blogging (menghasilkan uang via blog), Affiliate Marketing, dan masih banyak lagi.
Dari kedua pilihan tersebut, menurut rekomendasi para mastah (sesepuh bisnis online) akan lebih baik jikalau kita mempunyai blog atau website, apapun bentuk bisnis onlinenya. Karena dengan mempunyai sebuah atau lebih blog, akan sangat membantu pemasaran produk yang nanti akan kita jual. Blog atau website juga berfungsi untuk membangun branding kita sebagai pebisnis online. Sehingga akan lebih dipercaya oleh para pelanggan.

Selain itu pada nantinya, blog yang kita punya juga bisa dimonetisasi (diuangkan) jikalau visitor perharinya sudah banyak. Kita bisa memonetisasinya melalui aneka macam media periklanan berbasis PPC, ibarat yang paling populer dan paling diminati yaitu Google Adsense. Sudah banyak sekali para blogger Indonesia yang mencicipi gurihnya dollar dari hasil ngeblog yang mereka lakukan dipadukan dengan monetisasi Google Adsense. Mungkin kita pernah dengar dongeng seorang Tukang angon angsa yang menerima ribuan dollar dari Google Adsense, Kuli panggul yang berhasil menerima ribuan dollar dari Game Android, penyandang difabel yang sukses berbisnis affiliasi Amazon, dan masih banyak lagi contoh-contoh inspiratif lainnya.

Satu manfaat kasatmata yang bisa kita dapatkan dari bisnis online (khususnya blogging), selain profit / keuntungan, yaitu bisa meningkatkan kemampuan / skill menulis. Kita tahu kerjaan utama seorang blogger tidak lain yaitu menulis artikel untuk disajikan di blognya. Artikel yang ditulis juga tentunya haruslah berkualitas dan bermanfaat sehingga akan bisa menembus halaman pertama Google dan banyak orang yang mengunjunginya. Jika sudah begitu, akan sangat gampang untuk menghasilkan uang dari blog. Bukan hanya dari PPC ibarat Google Adsense, tapi bisa juga kita tawarkan kepada advertiser untuk mengiklankan produk mereka di blog kita, baik itu dengan PTR (Paid To Review) ataupun sekadar menampilkan banner iklan produk tersebut.

Tinggal kitanya saja, mau fokus di mana. Karena dalam segala hal, yang terpenting yaitu fokus. Tak terkecuali dalam bisnis online. Seperti dikatakan tadi, bisnis online itu banyak sekali jenisnya. Kita tidak perlu menguasai atau mencoba semuanya, cukup fokus pada salah satu konsep bisnis online yang paling sesuai dengan kehendak hati. Dengan begitu, kita akan lebih fokus dan lebih terarah. Sehingga lebih cepat juga menggapai apa yang ditargetkan.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment