Saturday, December 16, 2017

Salam - Kini Blog Bangrusman.com Hijrah ke Indravedia.com

 Setelah beberapa hari kemarin hiatus update artikel Salam -  Kini Blog Bangrusman.com Hijrah ke Indravedia.comKini Blog Bangrusman.com Hijrah ke Indravedia.com - Bismillahirrahmanirrahim, selamat malam sahabat blogger sekalian. Setelah beberapa hari kemarin hiatus update artikel, alhamdulillah kini dapat kembali lagi menulis di blog dengan alamat / domain gres ini. Ya, sesuai dengan judul di atas, saya ingin beritahukan pada sobat sekalian bahwa ini ialah domain / alamat blog gres yang sebelumnya berjulukan bangrusman.com. Kenapa domainnya diganti? Apakah blognya dijual atau dimiliki orang lain?? Tidak, tidak dijual dan masih tetap dengan pemilik yang sama. Oke, lebih jelasnya saya dongeng sedikit ya di bawah.

Sebelumnya saya ucapkan dulu Selamat Datang di rumah gres saya di www.indravedia.com ini. Cuma alamatnya saja yang baru, isi / kontennya masih sama dengan blog lama. Kaprikornus sebelumnya, blog ini beralamatkan di www.bangrusman.com dengan admin Rusman Nulhakim. Adapun kenapa kini berganti dengan alamat gres dan juga nama admin gres - itu lebih ke alasan pribadi saya yang kebetulan belum usang ini gres saja mengganti nama alasannya ialah suatu alasan. Terkait soal pergantian nama diri saya dan tektek bengeknya nampaknya tidak akan saya ceritakan di sini > gg.gg/indrasnote, sobat dapat baca sedikit corat-coret saya di facebook perihal hal itu.

Ganti Domain / Alamat Blog

Adapun perihal pergantian nama domain blog bergotong-royong juga sangat tidak wajib untuk ikut-ikutan diganti. Tapi alasannya ialah nama domainnya sendiri memakai nama pribadi, maka secara tidak pribadi menciptakan saya ingin juga untuk mengganti nama blog, biar sekalian gitu.

Sebenarnya, di awal saya merasa agak berat hati juga untuk mengganti nama blog ini. Terlebih domain blog bangrusman.com juga sudah cukup berumur dan sudah cukup dikenal dan disayang oleh Search Engine :) . Ditambah lagi, kita tahu bahwa perkara mengganti nama / domain / alamat blog sangatlah berbeda dengan mengganti nama pada akun social media, misalnya. Jika kita hendak mengganti nama akun social media ibarat Facebook atau Twitter, ya tinggal ganti aja langsung. Tapi jikalau mengganti nama/domain/alamat pada blog tentulah perlu banyak pertimbangan, alasannya ialah berkaitan bersahabat dengan pengindex-an artikel dan konten blog yang telah dilakukan oleh Search Engine, khususnya Google. Terlebih jikalau blognya sudah cukup berumur, dan artikel-artikelnya banyak yang yang tembus page one / halaman utama pencarian Google untuk kata kunci tertentu.
 Setelah beberapa hari kemarin hiatus update artikel Salam -  Kini Blog Bangrusman.com Hijrah ke Indravedia.com

Simpelnya begini, misal blog A telah online semenjak usang tentunya akan banyak artikelnya yang menduduki ranking manis di Google sehingga menjaring banyak trafik. Terus jikalau blog A tersebut diganti alamatnya menjadi blog B, maka trafik dari Search Engine yang mengarah ke alamat blog A kemungkinan besar akan hilang dan jejak-jejak / backlink yang telah dibangun dari awal akan tidak ada gunanya lagi, alasannya ialah alamat / domainnya sudah diganti. Dan jikalau ada orang yang mengklik linknya yang muncul di halaman pencarian Google, maka si orang tersebut hanya akan menemui halaman bertuliskan 404 Not Found. Itu yang akan terjadi jikalau alamat blog diganti.

Hal itu di atas lah yang juga sedikit menciptakan saya berpikir berulang-ulang untuk mengganti domain blog atau mengurungkannya. Tapi kesannya walaupun penuh banyak pertimbangan, sayapun mengambil keputusan untuk mengganti nama blog ini menjadi Indravedia.com. Kaprikornus lebih relevan dengan nama saya kini :). Dengan resiko membangun trafik kunjungan dan merk blog dari awal lagi alias dari nol besar.

Namun tentu dalam prakteknya, berdasar pada pertimbangan pemikiran ibarat tertulis di paragraf atas, maka sayapun tidak benar-benar mengganti nama blog dari bangrusman.com menjadi indravedia.com secara bulat-bulat. Karena tentu dengan begitu malah akan menciptakan saya rugi kehilangan trafik yang sudah semenjak usang dibangun. Kaprikornus singkat cerita, sesudah banyak melewati pencarian, sayapun menemukan cara semoga tidak kehilangan trafik / kunjugan walaupun alamat / domain blognya diganti, yaitu dengan cara redirect domain, yaitu mengalihkan link dari domain usang ke domain baru.

Ya, jadi sebenarnya, blog saya yang beralamatkan di bangrusman.com bergotong-royong masih ada dan tidak dihapus. Hanya saja, seluruh link dan trafiknya saya arahkan ke domain blog gres yang sedang sobat baca kini ini. Kaprikornus setiap ada orang yang mengklik link artikel dari blog bangrusman.com akan pribadi diarahkan pada blog indravedia.com ini. Begitulah kira-kira konsep simpelnya.

Tentang pengalaman saya melaksanakan proses redirect domain ini insyaAllah akan saya bikin catatan tutorialnya nanti di post berikutnya supaya lebih bermanfaat.

Pelajaran yang dapat diambil : jikalau kini sobat sudah mempunyai blog, usahakan untuk tidak mengganti nama atau alamatnya. Apalagi jikalau memakai TLD (Top Level Domain) yang tentunya tidak dapat sembarangan diganti alasannya ialah kita harus bayar sewa pertahunnya. Mengganti domain berarti memulai lagi dari awal. Mulai mengenalkan diri lagi ke Search Engine dengan mendaftar Webmaster dan Analytics. Dan yang paling penting yaitu mengenalkan domain / alamat gres ke para visitor blog lama.

Jadi, berhati-hati dan petimbangkanlah masak-masak ketika sobat menyewa sebuah nama domain. Pilih nama domain yang mantap dan tidak menciptakan kita terpikir untuk menggantinya suatu saat. Jangan ibarat saya.. :D

Oke, itu saja mungkin ceritanya. Maaf jikalau judulnya agak kurang lezat dibaca,  Kini Blog Bangrusman.com Hijrah ke Indravedia.com, :v. Inti dari postingan ini bergotong-royong saya cuma ingin memperlihatkan ucapan salam perkenalan kepada para visitor, yang mungkin sebagian diantaranya telah menjadi pembaca di blog saya yang bangrusman.com sebelumnya. Dan sekarang, sekali lagi saya ucapkan Selamat Datang di www.indravedia.com. Semoga kedepannya blog ini dapat lebih sering update menyajikan konten-konten bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian.

Sekian catatan sederhana ini saya buat. Mohon maaf jikalau tidak ada keuntungannya :). Salam perkenalan dari Indravedia.com. Terima kasih :)))
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment