Wednesday, December 6, 2017

Salam - 7 Tips Ampuh Untuk Meningkatkan Daya Kreativitas

Kreativitas yaitu suatu hal yang mutlak diharapkan dalam setiap pekerjaan. Tidak peduli apapun jenis pekerjaan Anda. Baik itu pekerjaan yang memang mengharuskan berpikir kreatif menyerupai para crew Program TV, Designer, dan lain sebagainya - maupun pekerjaan lainnya yang secara sekilas tidak tampak membutuhkan kreativitas, menyerupai pekerja pabrik, pekerja kantor, guru dsb - semuanya butuh kreativitas. Dengan adanya kreativitas maka tentu akan sangat membantu  memantik ide solusi / pemecahan sebuah masalah.
Kreativitas yaitu suatu hal yang mutlak diharapkan dalam setiap pekerjaan Salam -  7 Tips Ampuh Untuk Meningkatkan Daya Kreativitas
dari flickr.com

Dengan kreativitas kita bisa menawarkan kinerja yang lebih baik dan lebih produktif tentunya. Waktu dan tenaga cenderung akan lebih efisien digunakan. Contoh lainnya menyerupai seorang blogger pastinya harus bisa memaksimalkan kreativitasnya demi bisa menyajikan konten bermutu di blognya. Seorang youtuber / seleb youtube apalagi, menciptakan video yang berkualitas dan mendatangkan banyak views pastinya juga harus kreatif, baik itu dalam pengambilan gambar, narasi, maupun editing. Pun begitu seorang developer game Android misalnya, sangat tidak mungkin sebuah game cantik bisa laku dan banyak didownload di Playstore jikalau si pengembang game tersebut tidak kreatif.

Banyak yang beranggapan bahwa kreativitas itu sudah ada dari sananya dan hanya orang-orang tertentu saja yang punya kreativitas lebih. Memang ada benarnya sih, tapi tidak juga sepenuhnya benar dan jadi alasan kita untuk minder dan tidak kreatif. Karena pada kenyataannya, kreativitas itu tidaklah ujug-ujug tiba dengan sendirinya, termasuk pada orang yang kreatif sekalipun. Kreativitas bisa dilatih dan ditingkatkan. Setiap orang punya potensi supaya bisa menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Dengan serangkaian perjuangan sederhana, kita bisa membuatkan kreativitas yang kita punya.

Baik, apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuatkan kreativitas? Berikut yaitu 9 tips sederhana namun ampuh dan powerfull untuk merangsang otak dan pikiran kita lebih kreatif. Apa sajakah itu? Chek these out.

1. Pastikan istirahat cukup setiap harinya.

Setelah bekerja seharian, tentunya kita membutuhkan yang namanya istirahat. Istirahat bukan hanya untuk menciptakan badan kembali fit, namun juga besar lengan berkuasa pada otak dan pikiran yang juga kembali fresh. Pastikan istirahat dengan porsi cukup setiap harinya. Istirahat bisa dengan duduk santai sambil ngeteh atau menonton DVD film favorit. Makara tidak harus selalu dengan tidur. Justru malah tidak cantik jikalau tidur berlebihan.


2. Melakukan meditasi ringan dengan audio terapi

Proses meditasi ini sangat simpel, bisa Anda coba lakukan di mana saja dan kapan saja. Anda cuma cukup duduk santai atau bersila selama beberapa menit sambil memejamkan mata dan mengosongkan pikiran, sehingga akan menciptakan anda menjadi rileks. Dan akan lebih powerfull dengan proteksi Audio terapi yang bisa Anda dengarkan memakai headphone. Untuk audionya bisa Anda dapatkan dengan cara mendownloadnya di internet. Cukup ketikan keyword "audio terapi meditasi", ada banyak pilihannya.

Dengan melaksanakan meditasi ini, pikiran bisa lebih rileks dan tenang, sehingga bisa merangsang kreativitas lebih berkembang lagi.




3. Mendengarkan Musik favorit

Mendengarkan musik bisa jadi sebuah terapi ampuh untuk menciptakan mood menjadi happy dan positif. Putarlah musik-musik favorit yang bertempo sedang atau cepat, jangan yang mellow. Dengan begitu maka otak kita akan terangsang untuk memunculkan ide-ide kreatif gres lainnya.

4. Mengunjungi tempat-tempat gres

Setelah sepanjang pekan kita berkutat dengan pekerjaan dan rutinitas yang sama setiap harinya, maka akan lebih baik di waktu libur, Anda sempatkan untuk mengunjungi tempat-tempat yang gres yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Semakin sering kita menemukan hal-hal baru, maka kita akan menemukan lebih banyak wangsit dan ide yang masuk ke dalam otak dan pkiran. Dengan begitu akan bisa membantu kita dalam meningkatkan kreativitas.


Atau jikalau daerah tinggal Anda masih berada erat dengan pesawahan, cobalah untuk berjalan-jalan sore hari menyusuri jejalanan kecil di pesawahan. Dijamin pikiran Anda akan sangat segar dibuatnya.

5.  Kurangi Bermain dengan Gadget dan Social Media atau Game

Saat ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang, mungkin termasuk Anda di antaranya yang sudah sangat keranjingan bermain dengan gadget / Smartphone, terlebih Social Media dalam rangka eksis dan narsis. Semua itu sah-sah saja jikalau dilakukan secara masuk akal pada porsinya. Karena terkadang social media juga bisa menciptakan pikiran kita menjadi kurang berkonsenterasi mengingat begitu banyaknya info berseliweran di timeline. Semakin kebawah scrolling timeline, semakin banyak status atau tweet yang dibaca, secara tidak sadar, otak kita dibentuk berpikir loncat-loncat dari satu topik ke topik lain. Dan dalam jangka panjang, hal ini juga tidak baik untuk otak kita, tidak akan membuatnya menjadi lebih kreatif.

Anda bisa sesekali melaksanakan hobby yang tidak berkaitan dengan gadget, misal menggambar dengan pensil, menulis diary di kertas sambil berpikir dan berimajinasi. Hal ini akan sangat efektif untuk merangsang otak bekerja lebih fresh dan lebih kreatif tentunya.

6. Merenung hal-hal positif dan meledakkan imajinasi

Merenung atau melongo tidak sama sekali negatif selagi apa yang dilamunkan yaitu hal-hal positif. Hal tersebut bisa merangsang otak dan pikiran untuk bisa lebih kreatif. Kita bisa berimajinasi dan membayangkan wacana akan jadi menyerupai apa kita dalam 5 atau 10 tahun ke depan. Bayangkan kesuksesan yang akan kita raih di masa depan. Misal Anda memimpikan mempunyai kendaraan pribadi, maka Anda bisa berimajinasi seperti Anda sedang duduk di depan setir kendaraan beroda empat Anda yang glamor dan melaju dengan kencangnya.

Hal tersebut walau terkesan konyol tapi sangat ampuh untuk merangsang pikiran positif dan kreativitas. Dan bukan tidak mungkin apa yang kita imajinasikan memang benar-benar menjadi konkret di masa depan. The Law Of Attraction akan selalu berlaku.

7. Membaca buku / novel yang menarik 

Membaca buku / novel favorit Anda yang mungkin belum simpulan dibaca semenjak usang bisa jadi sebuah alternatif untuk merangsang kreatifitas. Ya terlepas dari itu membuatkan kreativitas atau tidak, membaca buku (buku fisik) memang yaitu sebuah hal positif yang layak dilakukan dan dirutinkan setiap hari.

Berkaitan dengan kreativitas, ada sebuah buku cantik dan recomended untuk meningkatkan daya kreativitas Anda. Saya juga sudah baca dan mainkan bukunya. Loh.. dimainkan bagaimana maksudnya? Ya, bukunya memang bukan hanya bisa dibaca, tapi bisa juga dimainkan, sesuai judulnya yaitu CREATIVE PLAYBOOK by Tahta Muhammad. Bukunya cantik dan beda dari kebanyakan buku yang pernah saya baca sebelumnya.
Bagi Anda yang berminat membacanya bisa membelinya di toko buku terdekat. Ini bukan iklan lho ya, murni pengalaman saja.

 ***
Nah, itulah ketujuh tips sederhana namun powerfull untuk meningkatkan daya kreativitas kita. Kreativitas itu perlu dilatih dan dikonsistenkan. Memang benar ada sebagian orang yang punya daya kreativitas lebih, tapi akan jadi percuma jikalau tidak dilatih dan diterapkan dengan konsisten. Ide-ide kreatif terkadang muncul pada dikala yang tidak kita sangka-sangka, didukung dengan pikiran yang fresh dan positif. 

Teruslah jadi seorang pembelajar, jangan puas dengan ilmu yang kini dimiliki. Teruslah gali potensi, wujudkan kreativitas dan tunjukkan pada banyak orang.
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment