Sunday, December 10, 2017

Salam - Bagaimana Cara Membangkitkan dan Memelihara Semangat Ngeblog

Mempertahankan konsistensi untuk dapat terus menulis ialah sebuah hal yang sangat penting untuk diterapkan oleh seorang blogger. Pasalnya sudah kita ketahui bersama bahwa kiprah dan pekerjaan utama seorang blogger tidak lain ialah menulis.

Seseorang dapat saja memiliki semangat menggebu-gebu dalam ngeblog ketika ia gres awal-awal terjun di dunia blogging. Namun bukan mustahil seiring berjalannya waktu akan ada saatnya semangat itu mulai menurun sebab beberapa hal. Misal sebab trafik yang tidak kunjung naik padahal sudah rajin posting. Atau mungkin sebab adanya duduk masalah internal yang menciptakan kita kehilangan semangat untuk kembali menulis di blog.

Nah, bagi sahabat blogger yang kini kebetulan sedang kehilangan semangat dalam ngeblog, dapat coba terapkan tips-tips berikut ini. Insya Tuhan semangat ngeblognya akan tetap terpelihara dengan baik. Ini juga yang sering saya lakukan. Saya bilang sering sebab sesering itu juga saya mengalami penurunan semangat dalam ngeblog.
 Mempertahankan konsistensi untuk dapat terus menulis ialah sebuah hal yang sangat penting  Salam -  Bagaimana Cara Membangkitkan dan Memelihara Semangat Ngeblog
Oke, tak perlu berlama-lama lagi, berikut ialah beberapa tips untuk membangkitkan dan mememlihara semangat ngeblog.

1. Baca artikel cerita para blogger sukses

Salah satu hal yang menjadi faktor seseorang menetapkan untuk ngeblog ialah sebab terinspirasi oleh cerita para blogger yang telah lebih dahulu sukses. Baik itu sukses secara penghasilan, banyak blogger senior yang telah profesional dan telah mendapat penghasilan yang WAH dari aktivitas bloggingnya. Mungkin kita pernah terinspirasi dari mereka dan ingin juga ibarat mereka. Nah, kalau ibarat itu ketika kita kehilangan semangat untuk ngeblog, atau lebih tepatnya semangat menulis, cobalah untuk kembali browsing dan membaca cerita para blogger senior yang menjadi ide Anda di awal.  Saya pun demikian, ketika kehilangan semangat ngeblog, saya selalu mengunjungi blog-blog yang menjadi ide saya. Seperti blognya juragancipir, atau blog mas sugeng. Dengan membaca artikel mereka, dari satu artikel ke artikel mereka kadang secara tidak eksklusif kembali memunculkan semangat untuk ngeblog dan menulis artikel lagi.

2. Menonton video-video motivasi

Percaya atau tidak, dengan menonton video-video motivasi dapat juga dapat menciptakan kita dapat lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Salah satunya kembali semangat juga untuk terus menulis di blog. Anda dapat coba menonton video-video dari para tokoh motivator dan para praktisi entrepreneur yang banyak tersedia di situs youtube.


3. Variasi daerah menulis

Semangat kita ngeblog juga dipengaruhi salah satunya oleh daerah kita menulis. Tempat menulis yang disitu-situ saja alias monotn cenderung akan menciptakan kita merasa bosan. Kaprikornus sangat perlu bagi untuk sedikit merombak penataan ruangan daerah kita menulis. Tidak harus dengan melaksanakan perubahan besar hingga merusak tembok dan mencangkul ubin kamar..hehe, tidak perlu. Sobat dapat coba lakukan perubahan kecil misalkan dengan menaruh vas bunga di meja daerah menulis. Atau yang paling gampang, sahabat dapat coba menggeser-geser sedikit meja kerja dan merapihkan alat-alat kecil di atasnya yang mungkin kini tengah berantakan.

4. Menulis di luar rumah 

Jika sahabat biasa menulis di rumah atau mungkin memliki ruang kerja khusus untuk menulis di blog, sesekali tidak ada salahnya untuk pergi ke luar sekadar untuk merefresh otak.

5. Menuliskan daftar ide artikel dan menjadwalkannya

Cara berikutnya untuk senantiasa memelihara semangat ngeblog ialah dengan menuliskan ide artikel yang ingin ditulis. Tuliskan ide apa saja yang muncul di pikiran. Jangan terlalu selektif dengan menganggap ide A dan ide B kurang cocok atau terlalu ringan untuk dijadikan postingan, tulis saja. Terlebih kalau blog kita isinya gado-gado. Karena ilmu dan pengalaman sekecil apapun yang mungkin berdasarkan kita pribadi sepele, dapat jadi sangat bermanfaat bagi orang lain di luaran sana.

Setelah menuli daftar ide artikel di sebuah kertas, tetapkanlah agenda kapan artikel tersebut harus dipublish. Dengan begitu, semangat ngeblog kita dapat terpelihara dan lebih terpacu lagi. Di sini mungkin diharapkan yang namanya komitmen diri. Seberapa besar lengan berkuasa kita menjalankan sesuatu hal yang telah kita janjikan pada diri sendiri untuk melakukannya.



6. Selalu perbarui komitmen

Dalam prakteknya saya sendiri sering mengalami hal di mana tidak ada mood untuk menulis dan menerbitkan artikel di blog. Ide yang ada di dalam pikiran tak kunjung dihukum dengan dalih "nanti aja, masih ada waktu kok, kini lagi gak semangat".  Memang sesungguhnya yang namanya semangat itu dapat tiba dengan sendirinya tanpa kita jemput sekalipun. Namun kita tidak tahu kapan waktunya. Dan mungkn ketika waktu itu tiba, mungkin kita akan merasa sudah sangat terlambat untuk menuangkan ide yang dulu ditunda-tunda itu. Maka tetaplah perbarui komitmen kita dalam aktifitas blogging ini. Jika di awal ngeblog kita berharap blog kita dapat berkembang dan menghasilkan, maka kiprah kita ialah mengejar dan mengupayakannya agar terwujud. Apa yang telah kita mulai harus kita akhiri dengan berhasl. Jangan setengah-setengah.

***
Nah itulah sedikitnya tips yang dapat saya bagikan perihal bagaimana caranya untuk membangkitkan dan memelihara semangat ngeblog. Tentu masih banyak hal lain yang dapat kita bedah lagi lebih dalam untuk mendongkrak produktifitas kita dalam ngeblog. Namun setidaknya dengan menerapkan beberapa cara di atas, berdasarkan pengalaman sendiri, sudah cukup untuk menciptakan semangat ngeblog kita senantiasa terpelihara dengan baik setiap harinya. Jika sahabat punya tambahan, silakan sampaikan komennya di kolom komentar di bawah ya.

Sekian artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga 5 Tips Ampuh untuk Meningkatkan Trafik dan Kualitas Blog
Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment