Tuesday, December 5, 2017

Salam - Mari Menengok Uniknya Rumah Kamera di Magelang, Para Selfier Wajib Ke SIni

Artikel aku kali ini terinspirasi dari sebuah perbincangan bersama salah seorang sobat lama. Namanya Somad, mantan rekan kerja aku dulu yang mana kini dia telah kembali dan tinggal di kampung halamannya, yaitu Magelang dan bekerja di sana. Nah yang akan aku bahas di sini bukan wacana si Somadnya, hehe. tapi wacana Magelangnya. Ada apa dengan Magelang?

Ngomong-ngomong soal Magelang, tentu tidak akan sanggup dilepaskan dari keberadaan objek wisatanya yang sangat beragam. Seperti yang paling populer ialah objek wisata Candi Borobudur, salah satu dari keajaiban dunia yang sangat sarat akan sejarah.

Tapi lebih dari itu, Magelang masih mempunyai aneka macam objek wisata yang unik dan layak sekali untuk disinggahi selain Candi Borobudur. Salah satunya mirip yang akan aku bahas di postingan ini, alasannya terinspirasi dari kisah si Somad :)

Tidak lain dan tidak bukan ialah objek wisata berjulukan House of Camera atau lebih dikenal dengan nama Rumah Kamera. Letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur. Makara akan sangat sayang jikalau berkunjung ke Candi Borobudur tapi tidak mampir ke Rumah Kamera ini.
Artikel aku kali ini terinspirasi dari sebuah perbincangan bersama salah seorang sobat la Salam -  Mari Menengok Uniknya Rumah Kamera di Magelang, Para Selfier Wajib Ke SIni
Gambar dari Panwis.com

Apakah Rumah kamera itu? Dan apa yang menjadikannya unik?

Dari namanya saja sudah unik dan tentu kita sanggup menebak bahwa bentuk bangunan rumahnya ialah mirip kamera. Ya memang begitulah adanya, bentuk fisik bangunannya persis berbentuk kamera, lebih tepatnya kamera DSLR yang terdiri dari dua bab bangunan, yakni Body kamera dan bab Lensa kamera.

Rumah Kamera ini mempunyai 4 lantai dan untuk pembagian fungsinya sendiri, bab Body (kiri dan kanan) / lantai 1 dipakai sebagai tempat tinggal Pak Tanggol, pemilik dari Rumah Kamera ini. Adapun bab lensa (lantai 2 dan 3) difungsikan sebagai Art Gallery.

Tentang Pendiri dan Alasan Dibangunnya Rumah Kamera. 

Pria yang mempunyai nama lengkap Tanggol Angien Jatikusumo ini ialah salah seorang maestro seni, khususnya seni lukis yang sudah cukup dikenal. Darah seninya boleh dibilang mengalir dari orang tuanya yang juga bergelut di bidang seni lukis. Sebelum tinggal di Magelang, dia juga pernah singgah di beberapa kota / kawasan lain di Indonesia, mulai dari Batam, Jakarta, Solo, hingga Bali. Beliau pertam kali menjual hasil karya lukisannya pada tahun 1967, dan setelahnya dia banyak menghasilkan karya-karya lainnya yang kemudian dijual ke luar kota bahkan hingga ke mancanegara.

Rumah Kamera ini mulai dibangun pada tahun 2012. Pak Tanggol mempunyai harapan untuk mengakibatkan desa tempat tinggalnya dikenal sebagai desa seni. Dan Pak Tanggol melihat kamera sebagai sebuah alat penting dalam sebuah penciptaan karya seni. Maka dari itu menurutnya kamera itu harus selalu dirawat, diperhatikan dan disayang. Sehingga muncullah ide untuk menciptakan bangunan rumah dengan bentuk kamera.

Selain itu satu alasan langsung dari Pak Tanggol perihal alasan / motivasi dibangunnya rumah kamera ialah sebagai media balas dendam alasannya dulu ketika dia muda sangat menginginkan kamera tersebut, namun kesulitan untuk memilikinya.

Dan kerja keras memang tak pernah berbohong, kini sang Maestro lewat karya-karyanya berhasil mewujudkan impiannya. Bukan sekadar kamera DSLR biasa yang dimilikinya, tapi kamera DSLR jumbo ukuran raksasa dalam bentuk bangunan rumah yang kini jadi kebanggaan, bukan Cuma bagi dirinya tapi juga bagi banyak masyarakat kota Magelang.

Ada apa saja di dalam Rumah Kamera?

Lalu, apa saja yang ditawarkan Rumah Kamera? Apakah cuma sekadar bentuk bangunannya yang unik jikalau dilihat dari luar? Jelas bukan hanya itu.

Mulai masuk dari bab viewfinder kamera yang merupakan pintu masuk Rumah Kamera, di lantai 1 kau akan melihat beberapa lukisan karya Pak Tanggol dan terpampang juga sebuah board autobiografi dari Pak Tanggol yang menceritakan perjalanan karir seninya dari tahun ke tahun.
Artikel aku kali ini terinspirasi dari sebuah perbincangan bersama salah seorang sobat la Salam -  Mari Menengok Uniknya Rumah Kamera di Magelang, Para Selfier Wajib Ke SIni
dari didianindri.wordpress.com

Dan mirip yang dikatakan di awal, untuk lantai bab lensa (lantai 2 dan 3) difungsikan sebagai Art Gallery, terpampang bermacam-macam karya lukisan dari Pak Tanggol. Lukisan-lukisannya sangat indah dan tentu mengandung nilai seni dan estetika yang tinggi. Dilengkapi dengan pemasangan Lampu-lampu sorot yang semakin menambah keindahan lukisan.

Beranjak naik ke bab atas, yang berarti lantai 4 Rumah Kamera yang sanggup dicapai dengan menaiki tangga, kau akan disuguhi pemandangan sekitar desa yang masih sangat asri dan hijau. Indahnya Candi Borobudur juga sanggup kelihatan dari puncak lensa Rumah Kamera ini, disertai pemandangan gunung-gunung dan perbukitan yang menyejukan suasana hati.

Dan yang bikin unik dari lantai puncak Rumah Kamera ini ialah adanya kemudahan Gembok Cinta yang ditempelkan di sisi bab dalam dinding lantai puncak Rumah Kamera. Gembok Cinta ini kerap dipakai oleh para muda-mudi untuk menuliskan pesan atau doa buat orang terkasih.

Artikel aku kali ini terinspirasi dari sebuah perbincangan bersama salah seorang sobat la Salam -  Mari Menengok Uniknya Rumah Kamera di Magelang, Para Selfier Wajib Ke SIni
dari didianindri.wordpress.com
Adapun untuk memasuki Rumah Kamera kita dikenakan biaya tiket. Tapi tenang, kita Cuma perlu mengeluarkan uang goceng alias lima ribu perak (5K) saja untuk sanggup menikmati seluruh isi Rumah Kamera ditambah lagi kita berkesempatan sanggup bertemu dengan Sang Maestro, Pak Tanggol.

Rumah Kamera buka setiap hari Selasa - Minggu, dengan jam operasional dari pukul 08.00 s.d 17.00 WIB 

Selfie Paradise

Bahas soal Rumah Kamera sudah. Nah ada satu lagi tempat yang letaknya masih di sekitaran Rumah Kamera yang sayang untuk tidak dibahas yakni Selfie Paradise. Letaknya bersebelahan dengan Rumah Kamera.
Artikel aku kali ini terinspirasi dari sebuah perbincangan bersama salah seorang sobat la Salam -  Mari Menengok Uniknya Rumah Kamera di Magelang, Para Selfier Wajib Ke SIni
dari http://phinemo.com/

Ya mirip namanya, Selfie Paradise ialah nirwana bagi para tukang selfie / selfier. Bagaimana tidak, di sana terdapat banyak lukisan 3D karya Pak . Bagi kamu-kamu yang doyan selfie, tentu tidak akan sanggup menahan godaan untuk jekrek-jekrek narsis di tempat yang satu ini. Makanya namanya juga Selfie Paradise, surganya para selfier. Dengan harga tiket hanya 15 ribu perak saja, kau sanggup foto-foto sepuasnya di sana. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

***
Baik, itulah segelintir keunikan yang ditawarkan Rumah Kamera yang membuatnya menjadi dikenal oleh banyak orang. Bukan hanya dari masyarakat dalam kota, tapi juga oleh para wisatawan dari luar kota maupun luar negeri.



Nah bagi kamu, khususnya yang berasal dari luar kota atau luar provinsi yang berencana pergi berwisata ke Candi Borobudur dan lanjut ke Rumah Kamera, namun merasa galau harus menginap dimana, damai saja. Di zaman serba mobile mirip kini ini, kau cukup Kunjungi Situs yang mengatakan bermacam-macam tipe hotel / penginapan di kota Magelang dengan harga baiklah yang tentunya sanggup kau pilih sesuka hati. Dan pastinya kau tidak akan perlu khawatir atau galau lagi mau menginap di mana.

Oke. Sekian saja artikel aku kali ini. Semoga bermanfaat. Terakhir aku ucapkan, Have a nice trip. :)

Sumber http://www.indravedia.com

0 comments:

Post a Comment